Base jam Akhir nya Resmi Luncurkan Mini Album Terbaru Bertajuk 3[6]0 (Tiga Enam Puluh)

Megapolitan431 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id, Setelah lama vakum, dari Industri Musik tanah air akhirnya tahun 2024 grup band Base Jam merilis EP ” Tiga Enam Puluh (360) ” yang berisikan 5 lagu. Momen ini sekaligus menandai pencapaian mereka di usianya yang ke-30 tahun. Setelah melewati segala rintangan dalam pergantian personil, dari band major label ke indie label (self-produced), naik-turun perjalanan karir, kini, di 2024, dengan formasi ber-6 saat ini, BASE JAM kembali hadir dengan mini-album ke-8 sepanjang karirnya yang berjudul, 3[6]0 (Tiga Enam Puluh)

Makna dari angka 3[6]0, untuk angka 30 sendiri menunjukkan usia BASE JAM disaat ini yang ke-30. Segala pengalaman pahit manis selama ini membawa BASE JAM di momen yang sekarang sedangkan angka [6] untuk menegaskan kembali formasi BASE JAM ini yang terdiri dari 6 personil, yaitu: Oni & Aris pada gitar, Sigit dan Alvin pada vocal, Sita pada bass dan Alsa pada drum.

“Ketika kami berdiskusi memikirkan apa judul album ini, kami sudah tahu akan menjadi sebuah cerita. Tetapi ketika ide angka 360 dan kemudian penulisan 3[6]0 yang menegaskan mengenai angka 30 dan 6, terasa sangat cocok dan mewakili pesan, perasaan dan kondisi kami saat ini”, ujar Alsa di Erwin Gutawa Music Center, Jakarta Selatan, (28/1/2024).

Sementara itu Sigit Wardana menambahkan bahwa justru masih tak percaya bahwa Base Jam bisa berada di usia yang ke-30.
“Tahun lalu ketika kami menginjak usia 29, terasa luar biasa dan tidak percaya. Sekarang, bisa di usia ke-30 dan bisa merilis sebuah mini album, itu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan baru lagi buat kami”, ujar Sigit,

Semua perjalanan tersebut terangkai menjadi 1 lingkaran atau siklus perjalanan hati. Ada patah hati, ketenangan, mencari keyakinan dalam diri, terus berjalan menuju masa depan yang penuh dengan janii akan cinta sejati.

“Waktu bikin lagu, enggak ada temanya, pas jadi ternyata punya ciri khas, kami memang pengin bikin lagu baru, ternyata ada yang menyambung jadi cerita,” terang Sita
Sebagai sebuah band yang pernah hadir dalam era album fisik kaset atau CD, BASE JAM ingin menghadirkan kembali sensasi mendengarkan lagu secara berurutan untuk mendapatkan experience yang utuh mengenai cerita yang ingin disampaikan pencipta lagunya. Tanpa shuffle ataupun hanya mendengarkan per lagu.

Dan ke-5 lagu yang terdapat di dalam album 3[6]0 ini sebaiknya didengarkan secara berurutan karena cerita dan mood lagu yang disampaikan hadir sebagai sebuah siklus perjalanan hati.

Cerita diawali oleh KISAH BARU, yaitu ketika seseorang memutuskan untuk meninggalkan cerita lama dan memulai yang baru. Sambil terus mengingat bahwa ketika keadaan tidak sesuai ekspektasi sehingga dia harus pergi meninggalkan keadaan tersebut, hati harus tetap tenang. Carilah MANTRA TENANG di dalam hati ini. Salah satu cara mencari tenang adalah dengan yakin pada hati. Tumbuhkan KEYAKINAN HATI melalui doa, melalui harapan akan masa depan yang lebih indah nantinya. Harapan bahwa hati ini bisa MOVE ON dan menata kembali hati dan hidup dengan terus berjalan dan belajar dari pengalaman lalu. Semua dilakukan untuk mencari CINTA SEJATI yang bisa tahan akan segala cobaan dan tak lekang oleh waktu.

Proses pembuatan mini-album 3[6]0 dibantu oleh Lawdenk sebagai music producer dan Bakhesty Irigisa sebagai vocal director.

Album terbaru Base Jam bertajuk 3[6]0 berisi lagu Kisah Baru, Mantra Tenang, Keyakinan Hati, Move On dan Cinta Sejati sudah dapat dinikmati di semua platform musik digital serta YouTube. (kim)

Berita Lainnya