Kapolres: Cegah Takbiran Keliling, Polisi Lakukan Penyekatan di Tangerang

TNI Polri96 views

 

Tangerang – koranprogresif.co.id – Polres Metro Tangerang Kota bakal menutup akses masuk ke dalam kota, Selasa (9/4/2024) malam. Kegiatan itu dilakukan untuk membendung adanya kegiatan takbir keliling, penggunaan kembang api dan petasan yang dikhawatirkan akan menimbulkan gesekan antar kelompok.

Hal itu ditegaskan Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho usai memimpin apel gelar kesiapan pengamanan Malam Takbir dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah, tahun 2024 Masehi, Selasa  (9/4/2024) sore WIB.

Menurutnya, sesuai imbauan yang telah dikeluarkan oleh Forkopimda Kota/Kabupaten Tangerang, di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota dilarang untuk kegiatan takbir keliling.

“Tentunya dari aparat kemanan dan TNI-Polri, kami akan tutup akses dari berapa wilayah perbatasan, Jakarta, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang dengan mendirikan beberapa pos pantau, guna mengantisipasi adanya konvoi takbir keliling, terlebih penggunaan mobil pickup dan penggunaan kembang api hingga petasan,” tegasnya.

Pelarangan kegiatan takbir keliling yaitu yang dilakukan konvoi menggunakan kendaraan bak terbuka maupun rombongan roda dua, jika ditemukan di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Maka, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas secara persuasif dan humanis.

”Kita menghindari adanya konvoi-konvoi, nanti niatnya takbiran malah berubah menjadi aksi tawuran saling serang menggunakan petasan maupun kembang api, kita memastikan Tangerang kondusif,” tandas dia.

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat pada momen Lebaran Idulfirri tahun ini, Polisi mendirikan sebanyak 5 Pos Pam yakni di Jalan Kisamaun, Jalan Jendral Sudirman, TangCity Mall, Jalan HOS Cokroaminoto, CBD Ciledug, Perumahan Magnolia Residences, Jatake dan Jalan Laksamana Yos Sudarso PIK 2 Aloha.

Sementara 3 Pos Yan berada, di Terminal Poris Plawad, Rest Area KM 14 Arah Tangerang-Jakarta dan Rest Area KM 13,5 Pinang Arah Jakarta – Merak.

Sementara Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menambahkan, Pemerintah Kota Tangerang mendukung setiap langkah langkah dilakukan jajaran kepolisian dan TNI dalam pengamanan malam takbiran dan pelaksanaan salat Idulfitri.

“Pemkot Tangerang mendukung segala upaya yang dilakukan pihak kepolisian dan TNI, kita juga melibatkan personil Dishub dan Satpol PP dalam rangka pengamanan malam takbiran dan salat Idulfitri,” tukasnya. (Red).

Berita Lainnya