Wujudkan Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi Pascasarjana, UNIS Gandeng Yayasan Cakra Inti Indonesia

Pendidikan354 views

 

Tangerang – koranprogresif.co.id – Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) menjalin kerjasama strategis dengan Yayasan Cakra Inti Indonesia dalam upaya memperluas akses pendidikan tinggi, khususnya pada program pascasarjana magister hukum, magister manajemen, dan magister ilmu administrasi yang memiliki akreditasi baik sekali.

Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas layanan pendidikan tinggi di Lembaga dan Institusi Nasional, sekaligus mewujudkan komitmen pemerataan akses pendidikan tinggi demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju Generasi Emas 2045.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Tangerang, Rabu (7 Februari 2024), oleh Rektor UNIS, Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, DIP, RSL, M.Pd, bersama Ketua Yayasan Cakra Inti Indonesia, Mubarok.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Program Pascasarjana, Dr. Edi Mulyadi, SE, M.Si dan Wakil Direktur Program Pascasarjana, Dr. Teuku Fajar Shadiq, SE, MM, serta Dewan Pembina Yayasan Cakra Inti Indonesia, Dr. Achmad Mulyana, S.E, M.M, Kaprodi Magister Hukum, Kaprodi Magister Manajemen, Kaprodi Magister Ilmu Administrasi, dan civitas akademika Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang.

UNIS, didirikan pada tahun 1966, adalah perguruan tinggi pertama di Banten. Pada masa itu, pemuda Tangerang menghadapi kesulitan dalam melanjutkan pendidikan tinggi karena harus pergi ke kota besar di luar Tangerang dengan biaya yang besar. Berkembangnya UNIS tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah, masyarakat, dan para pengusaha di wilayah Tangerang.

Peningkatan mutu sumber daya manusia menjadi fokus UNIS dalam dinamika pembangunan. Dengan disiplin dan produktivitas sesuai profesi serta tanggung jawab sosial, UNIS berupaya meningkatkan kualitas para eksekutif dan tenaga edukatif.

UNIS membuka Program Pascasarjana (S2) pada tahun akademik 2000/2001 dengan konsentrasi Program Studi Ilmu Administrasi. Pada tahun akademik 2002-2003, Program Pascasarjana UNIS Tangerang membuka dua konsentrasi baru, yaitu Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Pendidikan. UNIS memiliki reputasi baik dalam akreditasi yang diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia.

Yayasan Cakra Inti Indonesia, sebagai Badan Hukum yang memiliki Perijinan dan Legalitas oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan akses, pelayanan, dan kesempatan belajar kepada mahasiswa berprestasi.

“Kami mengembangkan sistem pelayanan berbasis kampus digital (E-campus), sehingga memudahkan pelayanan mahasiswa melalui gadget/smatrphone berbasis digital sesuai kemajuan zaman,” kata Ketua Yayasan Cakra Inti Indonesia Mubarok dalam keterangan tertulis, Rabu (7 Februari) usai penandatanganan nota kesepahaman dengan UNIS.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, UNIS terus mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). UNIS memiliki dosen dan mahasiswa unggul yang berkontribusi dalam membangun peradaban baik nasional maupun internasional.

Rektor UNIS, Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, Dip, RSL, M.Pd, menegaskan komitmen untuk menjadikan UNIS sebagai kampus yang berbasis pada teknologi digital hingga tahun 2036. Dia menyatakan perlunya penyesuaian kurikulum, infrastruktur, dan layanan kepada mahasiswa dengan perkembangan teknologi dan budaya baru.

“Kita dapat mengembangkan berbagai hal yang berkaitan dengan Iptek. Terutama teknologi digital semakin hari semakin berkembang. Sampai tahun 2036 kita arahkan UNIS sebagai kampus yang berbasis pada teknologi digital,” ujar Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, Dip, RSL, M.Pd, dalam keterangan tertulisnya di Tangerang, Rabu (7 Februari). (Red).

Berita Lainnya