Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Kodim 0801/Pacitan Gelar Upacara Bendera

Paciatan – koranprogresif.co.id – Upacara bendera bagi prajurit TNI dan PNS memiliki makna yang sangat penting, sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan atas perjuangannya dalam mewujudkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Pada pagi ini, Komando Distrik Milter 0801/Pacitan menggelar upacara bendera yang diikuti oleh seluruh anggota baik TNI maupun PNS, bertempat di lapangan upacara Kodim 0801/Pacitan Jl. Letjen Suprapto No.42 Pacitan, Senin (19/9/2022).

Upacara bendera tersebut rutin digelar pada setiap hari Senin. Saat ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Mayor Inf Slamet Riyadi yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Staf Kodim 0801/Pacitan.

Saat di konfirmasi awak media usai pelaksanaan upacara, Kasdim 0801/Pacitan menyampaikan bahwa, upacara Bendera sebagai sarana untuk menjalin komunikasi antara pimpinan dengan anggota dan satuan jajaran, sehingga setiap kebijakan, instruksi atau petunjuk dan informasi dapat dilaksanakan sesuai sasaran tepat waktu dan lancar.

“Upacara bendera merupakan sebuah implementasi dari jiwa nasionalisme kepada bangsa dan negara, yaitu dengan menghormati bendera merah putih sebagai simbol atas perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan,” kata Kasdim.

“Upacara hari Senin jangan hanya dijadikan sekedar rutinitas yang biasa, namun harus benar-benar dimaknai dengan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang luhur,” ungkap Kasdim.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota baik TNI maupun PNS, agar hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga maupun satuan. Tingkatkan disiplin serta jaga nama baik satuan dengan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga,” tutur Kasdim. (Red).

Berita Lainnya