TNI Tidak Boleh Terlibat Dalam Politik! Kakuwil Lantamal XII Pimpin Upacara Bendera

Mitra TNI64 views

Mempawah – Koranprogresif.co.id, TNI AL, Lantamal XII, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal XII Kolonel Laut (S) Marwoto, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera hari Senin yang diikuti seluruh prajurit dan PNS Lantamal XII di lapangan apel Mako Lantamal XII, Jalan Wajok Hilir KM. 17, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (12/02/2024).

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin secara rutin, bertujuan untuk pengejawantahan tugas dalam melanjutkan perjuangan, menghormati, dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara.

Selain itu, juga mengingatkan generasi penerus guna meningkatkan tugas dan tanggung jawab untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian kepada bangsa dan negara seperti yang dicontohkan oleh para pendahulu.

Dalam kesempatan ini Irup membacakan amanat Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS terkait tahun politik di Indonesia, dimana pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 agar TNI tetap bersikap netral dan harus tetap tegak lurus kepada NKRI dan Pancasila.

“Netralitas TNI merupakan hal yang mutlak harus dijaga. TNI harus tetap menjadi alat negara yang Prima (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif). TNI tidak boleh terlibat dalam politik langsung maupun tidak langsung. TNI harus tetap fokus pada tugas pokoknya, yaitu menjaga kedaulatan negara keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia”, tegasnya.

(Red)

Berita Lainnya