TNI ANGKATAN LAUT GELAR TACTICAL FLOOR GAME HADAPI KESIAPAN PENGAMANAN PEMILU TAHUN 2024

Mitra TNI75 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, 12 Februari 2024 – Guna menghadapi kesiapan dalam persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tanggal 14 Februari mendatang, TNI Angkatan Laut melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung di Gedung Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, hari Senin (12/2). Kegiatan TFG ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024. Acara ini dipimpin oleh Asisten Operasi (Asops) kasal Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr. Opsla. dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma dan Pejabat Utama Mabesal serta para Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut turut mengikuti melalui Video Conference. Tampak hadir pula Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J) M.A., M.M.S., CHRMP dalam kegiatan TFG tersebut.

Tactical Floor Game merupakan suatu metode guna menguji pemahaman pelaku terhadap rencana pengamanan yang telah disusun. Melalui kegiatan tersebut akan tergambarkan situasi jalannya pengamanan yang akan dilaksanakan, waktu perwaktu secara terperinci, siapa berbuat apa akan tergambar secara gamblang dalam peta yang digelar. Dengan adanya TFG ini, diharapkan semoga pengamanan Pesta Demokrasi tahun 2024 bisa terlaksana dengan aman dan lancar, Pemilu serentak 2024 adalah momen paling penting, karena ini merupakan titik penentu bangsa.

Asops Kasal Laksda TNI Yayan Sofiyan pada kesempatan tersebut mengatakan, dalam beberapa hari kedepan, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2024. Pemilu Tahun 2024 akan menjadi momentum krusial bagi demokrasi Indonesia, melibatkan proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif, serta Kepala Daerah. Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah atau penyelenggara Pemilu semata, melainkan merupakan suatu kepentingan mendasar yang melibatkan seluruh elemen bangsa, termasuk TNI Angkatan Laut. “Menyadari akan hal tersebut, TNI Angkatan Laut dengan teguh memegang komitmen untuk menjaga Netralitas dan turut serta dalam menjaga stabilitas keamanan. Selain itu, harus ikut berperan untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar, bebas dari gangguan dan menghasilkan Pemimpin serta Perwakilan Rakyat yang sah serta diakui secara demokratis. Melalui kolaborasi dan koordinasi yang efektif, dengan satuan samping, Polri dan seluruh elemen masyarakat, TNI Angkatan Laut diharapkan mampu ikut serta mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang aman dan damai”, ucap Asops Kasal dalam amanatnya.

Sementara disela-sela pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) Panglima Kolinlamil mengungkapkan kegiatan Tactical Floor Game yang digelar untuk menguji sebuah konsep operasi dan taktik yang diterapkan dalam sebuah kegiatan perlu digelar Tactical Floor Game, untuk menyingkronkan peran dan tugas tanggung jawab masing-masing Komandan Satuan, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

(Red)

Berita Lainnya