TNI AL Raih Puluhan Medali di International Karate Championship 2023 Yogyakarta

Jakarta – koranprogresif.co.id – Puluhan medali berhasil direbut oleh para prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) pada kejuaraan International Karate Championship, Yogyakarta Open Tournament III 2023 yang diselenggarakan oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Daerah Istiwewa Yogyakarta (DIY) bertempat di GOR Amongraga Yogyakarta, pada hari Jum’at hingga Minggu, tanggal 11 hingga 13 Agustus 2023 kemarin.

Puluhan medali yang diperoleh tersebut didapat pada 2 kategori yaitu Kategori Kelas Umum dan Kategori Kelas Exhibition. Pada Kategori Kelas Umum, para Karateka TNI AL berhasil mengumpulkan medali sebanyak 1 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu. Sedangkan pada Kategori Kelas Exhibition, para prajurit Jalasena berhasil mengumpulkan medali sebanyak 7 Emas dan 5 Perak.

Medali Emas pada kategori Kelas Umum dipersembahkan oleh Serda Jas/W Alifia U.K di nomor Kumite Perorangan Senior Putri kelas -55 kg. Untuk medali Perak dipersembahkan oleh Serda Bah/W Amanda putri, dari nomor Kumite Perorangan Senior Putri kelas +68 kg. Sedangkan 3 medali Perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Letda laut (T) Rokhim di nomor Kata Perorangan Kelas Master, Sertu TTU/W Yunita Ari Rangkuti di nomor Kumite Perorangan Senior Putri kelas -68 kg dan Serda Kom Emirza Abril di nomor Kumite Perorangan Senior Putra kelas +84 kg.

Pada kategori Kelas Exhibition Karateka TNI AL yang memperoleh medali Emas adalah Letda laut (P) Ardan Rahwanto di nomor Kumite Perorangan Mahasiswa Putra kelas -67 kg, Kls ETA Moch Riki di nomor Kumite Perorangan Mahasiswa Putra kelas -75 Kg, Kld BAH Andisa Isham di nomor Kumite Perorangan Mahasiswa Putra kelas -75 kg, Serda KOM Emirza Abril Ramadhan di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putra kelas -84 kg, Kld BAH Hamin Idrus di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putra kelas -84 kg, Serda JAS/W Farah Nabila di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putri kelas -68kg dan Serda BAH/W Amanda Putri W di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putri kelas +68 kg.

Sedangkan 5 medali perak pada kategori ini dipersembahkan oleh Sertu Bek Iwan Yospati di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putra kelas -67 Kg, Serda SAA Fathan Dimas di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putra kelas -67 Kg, Klk RJD Adi Eko di nomor Kumite Perorangan Mahasiswa/Karyawan Putra kelas -75 Kg, Serda NAV/W Elivia Salsabila A di nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putri kelas -61 Kg dan Serda EDE/W Nifta Arielyka di Nomor Kumite Perorangan Karyawan/Mahasiswa Putri kelas -61 Kg.

Prestasi yang dipersembahkan oleh para duta olahraga TNI AL ini tentunya suatu yang membanggakan bagi TNI AL dan prajurit tersebut, terlebih kejuaraan ini berlevel internasional. Para peserta yang mengikuti kejuaran ini mencapai ribuan orang yang berasal baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada prajurit Jalasena yang berprestasi dalam bidang olahraga, untuk terus berlatih dan memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dalam hal ini para Karateka TNI AL di kejuaraan International Karate Championship Yogyakarta Open Tournament III 2023 yang berhasil membawa nama harum bangsa dan khususnya TNI AL di kancah kejuaraan internasional.

Wilayah Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit untuk mengadakan kejuaran beladiri, dimana sebelumnya Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, berkesempatan menghadiri acara pembukaan pada hari Sabtu (05/08) dan penutupan pada hari Minggu (06/08), Kejurnas Taekwondo Bhayangkara Presisi Piala Bergilir Kapolda DIY Tahun 2023 yang dibuka oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, yang juga berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Kejuaran Taekwondo ini diikuti oleh sekitar 1.500 peserta dari klub beladiri Taekwondo dari wilayah DIY dan sekitarnya.

Kejuaraan ini guna menjaring minat dan atlet-atlet muda berprestasi di wilayah Yogyakarta, khususnya di cabang olahraga beladiri Taekwondo. (Red).

Berita Lainnya