TNI AL KEMBALI GAGALKAN PENCURIAN DI PERAIRAN SELAT MALAKA

Jakarta – koranprogresif.co.id – Dengan menggunakan Sea Rider 85, TNI Angkatan Laut dalam hal ini First Fleet Quick Respon (F1QR) Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai berhasil menggagalkan pencurian di atas Kapal MV. African Halcyon bendera Bahamas yang sedang lego jangkar di Perairan Dumai, Selat Malaka, Kamis (29/2).

Pada mulanya, pelaku yang berjumlah empat orang menaiki kapal dari buritan dan terlihat oleh ABK, kemudian alarm kapal dibunyikan. Dengan cepat F1QR Lanal Dumai yang mengetahui hal tersebut langsung bergerak ke lokasi titik lego jangkar, untuk menggagalkan upaya pencurian, sontak keempat pelaku langsung melarikan diri dengan cara melompat ke laut dan pergi menggunakan speed boat.

Percobaan pencurian terhadap MV. African Halcyon diperairan Selat Malaka dan Selat Singapura, terjadi diduga dilakukan oleh pelaku dengan memanfaatkan situasi kapal yang sedang lego jangkar dan kurang pangawasan dari ABK Kapal.

Saat ini, tim TNI AL tengah melaksanakan investigasi penyelidikan sekaligus pengamanan di lokasi lego jangkar MV. African Halcyon, guna mengungkap dan menangkap para pelaku, sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan, termasuk keterlibatan orang dalam pada peristiwa tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa, seluruh jajaran TNI AL harus hadir untuk melindungi perairan laut nusantara dari semua ancaman, dan terus meningkatkan kesiapsiagaan. (Red).

Berita Lainnya