TINGKATKAN KEMAMPUAN PRAJURITNYA, LAF-NAVY LAKSANAKAN PROGRAM “STAGE AT SEA” DI KRI DIPONEGORO-365

Jakarta – koranprogresif.co.id – KRI Diponegoro-365 (KRI DPN-365) yang saat ini tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL dipercaya sebagai tempat latihan praktek program “Stage at Sea” bagi Lebanese Armed Force-Navy (LAF-N) Cadet yang bersamaan dengan pelaksanaan on task ke dua belas di wilayah Area of Maritime Operation (AMO), pada Kamis lalu (04/04).

“Stage At Sea” sendiri merupakan salah satu implementasi dari tugas utama unsur MTF UNIFIL yang dimandatkan oleh PBB yaitu memberikan pelatihan kepada prajurit LAF-N guna meningkatkan kemampuan serta keterampilan angkatan laut mereka dalam melaksanakan tugas maritim di teritorialnya.

Program ini dilaksanakan selama 2 hari dengan beberapa materi yaitu Ship Familirization, Pilotage, Advance Maneuvering, Helo Ops, Damage Control dan Boarding Ops.

Komandan KRI DPN-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E, D.W.C menjelaskan bahwa, kegiatan ini bertujuan selain menjalankan tugas yang dimandatkan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB, juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut yang sudah terjalin dengan baik sejak misi pertama pada tahun 2009.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah melaksanakan misi perdamaian untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta menjaga hubungan diplomasi yang baik dengan negara-negara sahabat guna mencapai tujuan bersama.

Penunjukan KRI DPN-365 dalam kegiatan tersebut, merupakan suatu bentuk pengakuan dan kepercayaan dari MTF UNIFIL akan profesionalisme TNI serta wujud nyata dari visi Panglima TNI “PRIMA”, yang salah satunya adalah TNI harus profesional dalam menjalankan segala tugas yang di emban. (Red).

Berita Lainnya