Tanamkan Kedisplinan Sejak Usia Dini, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Masuk Sekolah

Pacitan – koranprogresif.co.id – Sebagai upaya menanamkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme, Serda Yudianto, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo, Kodim 0801/Pacitan memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa siswi di SDN 03 Desa Belah, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Kamis (30/11/2023).

Tampak antusias dan semangat para siswa sangat luar biasa, hal itu ditunjukkan dengan memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh Babinsa dan sesekali bertanya dengan apa yang belum dimengerti.

Dengan memprioritaskan program Babinsa masuk sekolah, diharapkan dapat membentuk jiwa nasionalisme serta meningkatkan kedisiplinan pada anak sejak usia dini, sehingga proses belajar mengajar di lingkungan sekolah bisa berjalan optimal.

Dihadapan para siswa, dirinya menyampaikan beberapa materi terkait pentingnya kedisiplinan, patuh kepada orang tua dan guru, serta nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

“Disiplin senantiasa harus tertanam dalam pribadi masing-masing dan dimulai dari niat. Seperti halnya datang ke sekolah tepat waktu, rajin belajar, mengerjakan tugas sekolah, taat kepada guru ataupun orang tua serta mematuhi tata tertib sekolah,” ujarnya kepada para siswa.

Selain itu, Ia juga menjelaskan, bagaimana keharusan berseragam yang baik, ukuran rambut, kuku dan kebersihan kelas, bersikap sopan santun kepada guru dan teman di sekolah.

“Menjaga sikap yang baik bukan hanya di sekolah saja, namun ketika berada di lingkungan tempat tinggal, kalian harus menjaga sopan santun dalam berperilaku diantaranya patuh pada orang tua, taat pada aturan agama dan lingkungan,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda yang tangguh, berpendidikan luas, sehingga nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, demi kemajuan bangsa yang lebih baik di masa mendatang. (Red).

Berita Lainnya