Tabuh Rebana, Tandai Pembukaan Grebeg Besar Demak 2023

Nusantara, Sosbud2,260 views

Demak – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Kav Maryono mendampingi Bupati Demak, Eisti’anah dan Wakil Bupati Demak, Kapolres, serta Pimpinan Diana Ria Enterprise, H. Muntohar menabuh rebana bersama-sama sebagai tanda dibukanya Grebeg Besar Kabupaten Demak.

Acara pembukaan berlangsung meriah di pendopo Satya Bhakti Praja, dengan hiburan berbagai tarian khas daerah, Jum’at Malam (16/6/23).

Dalam acara itu turut dihadiri tamu undangan yang terdiri dari Forkompinda Kabupaten Demak.

Selain menabuh rebana bersama, juga di lakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Demak, Eisti’anah yang di serahkan secara langsung kepada Pimpinan Diana Ria Enterprise, H Muntohar.

TABUH REBANA-Bupati Demak, Eisti’anah bersama Wakil Bupati Demak, Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Kav Maryono Kapolres, Pj. Sekda, Pimpinan Diana Ria Enterprise, H. Muntohar menabuh rebana bersama-sama sebagai tanda dibukanya Grebeg Besar Kabupaten Demak. (Foto Ist).

Acara dimeriahkan tampilan tarian khas pesisiran Zippin dan Rebana dari SMKN 1 Demak, kemudian dilanjutkan perform catwalk atau penampilan busana design dari Dewi Luluk Ewila Sewing dari SMA N 1 Demak.

Kemudian tarian kolosal dari SMA N 1 Karanganyar juga penampilan Band dari Bank Jateng cabang Demak.

Pada acara pembukaan, juga ditampilkan live reportase situasi kondisi pasar rakyat grebeg besar.

PJ Sekda, Umar Surya Suksmana dalam sambutannya menyampaikan, untuk pasar rakyat diselenggarakan di Taman Parkir Tembiring Jogo Indah.

Adapun jenis kegiatan yang ada meliputi wahana permainan, usaha dagang pakaian, berbagai produk UMKM dan perabot rumah tangga, pedagang buah – buahan, makanan dan minuman atau aneka kuliner serta penyelenggaraan panggung hiburan.

“Banyak wahana hiburan dan kuliner di grebeg besar tahun ini dan sesuai dengan keputusan Bupati Demak bahwa untuk pasar rakyat grebeg besar seluruh pengunjung bisa menikmati pasar rakyat ini secara gratis,” jelas Umar dalam laporannya.

Ada yang spesial dari penyelenggaraan Grebeg Besar tahun 2023 ini. Yakni, saat iring-iringan prajurit patang puluhan pada 29 Juni mendatang, di sepanjang rute yaitu dari Pendopo Kabupaten sampai Kadilangu, terdapat tampilan stage on the street yaitu festival seni yang digelar bagi masyarakat sambil menunggu iring-iringan prajurit 40an.

Disisi lain, Bupati Demak, Eisti’anah menyampaikan harapannya agar acara pasar rakyat grebeg besar tahun 2023 dapat berjalan aman, lancar dan tertib.

Sementara itu, Pimpinan Diana Ria Enterprise, H. Muntohar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab khususnya Bupati Demak.

“Terimakasih banyak atas dukungan dari Bupati Demak yang telah dua tahun mengratiskan tiket masuk Grebeg Besar,” kata Muthohar.

Tak hanya itu, Muntohar juga mengajak masyarakat untuk bisa hadir untuk meraimakan Grebeg Besar yang berlokasi di Terminal Tembiring.

“Ayo masyarakat beramai-ramai mengunjungi Grebeg besar,” ungkap H. Muntohar yang Anggota DPRD Demak dari Fraksi Gerindra.

Sebagai informasi tambahan, Pasar Rakyat Grebeg Besar berlangsung selama tiga pekan, mulai 16 Juni 2023 sampai dengan 8 Juli 2023, untuk tiket masuk tidak dikenakan biaya. (Red/Pendim 0716/Demak).

Berita Lainnya