Siswa – siswi Belinyu Kunjungi Tiga KRI Satgas Trisila 2024

Mitra TNI77 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, Koarmada RI 1 april 2024.Ratusan Siswa – siswi pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) wilayah Belinyu Bangka Belitung mengunjungi tiga kapal perang TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Trisila 2024 yang sedang sandar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Senin (1/4).

Kunjungan siswa-siswi ke kapal perang TNI AL ini merupakan bagian dari program Satgas Trisila 2024 yang melaksanakan openship dengan tujuan memperkenalkan dan mensosialisasikan bidang kemaritiman dan TNI AL khususnya berkaitan penerimaan prajurit TNI AL kepada generasi muda.

Tiga kapal yang melaksanakan openship yakni, KRI Teluk Celukan Bawang-532 yang dikomandani Letkol Laut (P) Mohammad Lukman, KRI Kerambit-627 yang dikomandani Letkol Laut (P) Putu Agus dan KRI Parang-647 yang dikomandani Mayor Laut(P) Sony Sartantyo. Selama openship para siswa-siswi yang berasal dari SMK YPN Belinyu, SMA YPN Belinyu, SMK Negeri I Belinyu, SMA Negeri I Belinyu, melihat anjungan, haluan dan persenjataan yang dimiliki KRI tersebut.

Sebelum openship digelar Satgas Trisila 2024 melaksanakan bhakti sosial berupa pemberian paket sembako dan kursi roda kepada masyarakat, secara simbolis diberikan oleh Danyon Tankfib I Marinir Letkol Marinir Awan Suryawan.

Keesok harinya Satgas Trisila 2024 bekerja sama dengan Lanal Bangka Belitung melaksanakan karya bhakti dan Peduli Lingkungan, dengan melaksanakan pembersihan dan Penanaman pohon Mangrove di Pantai Putat Belinyu, depan Mako Lanal Bangka Belitung. Karya bhakti diikuti para Komandan kapal yang terlibat Satgas dan Danyon Tankfib I, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Bangka Belitung.

TNI AL dalam kegiatan Operasi Trisila 2024 mengerahkan sejumlah Alutsista, yaitu KRI, Tank dan kendaraan Amfibi Korps Marinir, serta pesawat udara jenis helly dan fix wing dari Puspenerbal. Sedangkan KRI yang tergabung dalam Satgas Trisila 2024, yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627, KRI Cucut-866, KRI Cakalang-852, KRI Parang-647, 1 Kompi Marinir, 1 Helly Panther, 1 Pesawat Cassa dan 1 Pesawat CN 235.

(Red)

Berita Lainnya