Siswa SDN 1 Pakunden Gelar Penempuhan TKU di Kodim 0802/Ponorogo

Ponorogo – koranprogresif.co.id – Sebanyak 160 siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo hari ini melaksanakan kegiatan penempuhan Tanda Kecakapan Umum (TKU) bagi para Pramuka Tingkat Siaga dan Penggalang, bertempat di Kodim 0802/Ponorogo, Sabtu (10/12/2022).

Para siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo yang diikuti oleh 15 guru pendamping tersebut diterima oleh Bati Komsos Sterdim 0802/Ponorogo, Peltu Hermawan dan Pamong Saka Wira Kartika Kodim 0802/Ponorogo, Serda Darmanto dan 5 orang anggota Pamong Saka Wira Kodim 0802/Ponorogo.

Bati Komsos Sterdim 0802/Ponorogo yang mewakili Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S.Sos, M.Han saat memberikan testimoni terkait kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada SDN 1 Pakunden Ponorogo yang telah memberi kepercayaan Kodim 0802/Ponorogo sebagai tempat penempuhan TKU bagi para siswanya.

“Hari ini, Kodim 0802/Ponorogo kedatangan siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo bersama para guru pendamping dalam rangka kegiatan penempuhan Tanda Kecakapan Umum bagi para Pramuka tingkat Siaga dan Penggalang. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami Kodim 0802/Ponorogo dipercaya sebagai Pembina adik – adik dari SDN 1 Pakunden,“ katanya.

Sementara Deni Akhyar, S.Pd, selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan dari SDN 1 Pakunden mengatakan bahwa, dengan digelarnya kegiatan di Kodim 0802/Ponorogo bertujuan agar para anak didiknya bisa menjadi siswa yang terampil, cakap dan berdisiplin tinggi.

“Harapannya anak – anak mampu, cakap serta trampil menjadi angota Pramuka yang dapat mengaktualisasikan ke dalam kehidupan sehari – hari baik di rumah, masyarakat dan lingkungan lainnya,“ ujar Deni Akhyar, S.Pd.

Selanjutnya dia berharap bahwa, kerja sama antara Kodim 0802/Ponorogo dan SDN 1 Pakunden tidak sebatas hari ini saja melainkan bisa berlanjut terus pada program – program yang lain. “Kedepannya tidak hanya pada kegiatan ini saja mungkin di kegiatan lingkup sekolah maupun kegiatan pengabdian masyarakat dan sebagainya,“ harapnya.

Adapun pos ujian dalam rangka penempuhan Tanda Kecakapan Umum (TKU) bagi para Pramuka SDN 1 Pakunden Ponorogo antara lain: Pos 1 dengan materi Uji pengetahuan Dasar Pokok Pramuka, pos 2 Uji kemampuan Meraba dan mencium seta pengambilan Badge TKU, pos 3 materi Uji pengetahuan Lagu Daerah, Lagu Nasional dan PBB, pos 4 materi Pionering dan pengumpulan tugas sandi Morse serta pos 5 dengan materi Uji Halang rintang, Ketangkasan dan pengumpulan peserta. (Red/MdC 0802).

Berita Lainnya