Simulasi Tahapan Pemilu 2024, Danramil 0801/12 Pringkuku: Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif

Mitra TNI62 views

Pacitan – koranprogresif.co.id – Sebagai langkah menunjang kesiapan pelaksanaan pemilu 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kec. Pringkuku menggelar kegiatan simulasi dan sosialisasi yang berlangsung di Pendopo Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Sabtu (03/02/2024).

Simulasi dan sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan kepada publik terkait prosedur proses pemungutan dan penghitungan suara, sekaligus mengenalkan formulir-formulir dan surat suara kepada pemilih atau masyarakat.

Dikatakan Ketua PPK Kec. Pringkuku Nuralin bahwa, pelaksanaan simulasi ini merupakan bagian dari implementasi bimtek yang diberikan kepada para petugas KPPS beberapa waktu lalu.

“Kami akan mencatat durasi atau waktu, berapa lama pemilih datang dan mendapatkan surat suara, memasuki bilik suara, memasukan kertas suara hingga keluar dari lokasi TPS. Setelah itu, semua akan kita evaluasi dengan harapan pelaksanaan pemilu tanggal 14 Pebruari 2024 bisa berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil 0801/12 Pringkuku, Kapten Arh Budi Eko Prayanto menyampaikan bahwa, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran proses demokrasi pada hari pemilihan nanti.

“Kegiatan simulasi ini diharapkan dapat menunjang kelancaran saat pesta demokrasi pemilu berlangsung. Disamping itu, peran serta semua pihak dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif juga sangat diperlukan,” tandasnya.

Dirinya menambahkan bahwa, dalam menghadapi proses tahapan pemilu kali ini, baik TNI Polri telah menyiapkan personelnya untuk melakukan pengamanan agar berjalan sukses dan aman.

“Kami mengapresiasi kegiatan simulasi ini sebagai langkah proaktif dalam memastikan kelancaran proses pemilu mendatang. Karena, peran petugas pemilihan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan proses demokrasi di nilai juga sangat penting,” ungkapnya. (Red).

Berita Lainnya