SELARASKAN POKOK-POKOK PIKIRAN DAN KEBIJAKAN PIMPINAN, KASAL HADIRI RAPAT PIMPINAN TNI-POLRI TAHUN 2024

Jakarta – koranprogresif.co.id – Guna menyelaraskan pokok-pokok pikiran dan kebijakan pimpinan dalam pelaksanaan tugas pertahanan dan keamanan dalam menjaga keutuhan NKRI, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/02).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Kepala Staf Angatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Panglima TNI dalam sambutan pengantar menyampaikan bahwa, Rapim TNI-Polri tahun 2024 yang mengambil tema “TNI-Polri Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju” ini diikuti oleh 362 peserta yang terdiri dari pejabat utama TNI-Polri dan perwakilan MPR dan DPR RI.

Selanjutnya, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam pengarahan yang disampaikan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI-Polri yang telah menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu sehingga dapat berjalan dengan aman.

Lebih lanjut, Presiden RI mengarahkan kepada seluruh jajaran untuk mengikuti perkembangan teknologi yang dapat merubah dari perang yang konvensional, perang-perang yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Oleh karena itu, penguasaan ITPEK sangatlah diperlukan.

“TNI-Polri harus menjadi pembelajar yang aktif, adaptif, dan mampu melakukan deteksi dini, mengambil langkah antisipasi, memperkuat profesionalisme dan pelayanan terhadap masyarakat. TNI-Polri harus menjadi bagian penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” pungkas Ir. H. Joko Widodo.

Pada kesempatan ini juga, Presiden RI juga menganugerahkan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Menteri Pertahanan RI (Menhan RI), Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto menjadi Jenderal TNI (Purn).

Selain itu, Menhan, Prabowo Subianto secara simbolis juga menyerahkan Berita Acara Serah Terima (BAST) Alat Peralatan Pertahanan Keamanan (Alpalhankam) kepada Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Staf Angkatan yang disaksikan langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. (Red).

Berita Lainnya