Sambut HUT ke-63 Kostrad, Satgas 330 Tanam 100 Bibit Pohon Mahoni, Mitigasi Dampak Deforestasi Hutan di Intan Jaya

Mitra TNI54 views

 

Intan Jaya – koranprogresif.co.id, Hutan merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna. Hutan juga memiliki berbagai fungsi penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan kesejahteraan makhluk hidup. Namun banyaknya deforestasi hutan di Intan Jaya berdampak pada fungsi hutan menjadi tidak maksimal. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai bencana, seperti banjir dan tanah longsor.

Menyikapi fenomena tersebut, Satgas 330 melakukan aksi nyata dengan menanam 100 Bibit Pohon Mahoni dalam rangka mitigasi dampak deforestasi hutan di Intan Jaya, bertempat di Kampung Bilogai, Intan Jaya, Papua Tengah, pada Senin (26/2/24).

Lettu Inf Zaenal Muqorib, Danpos Bilogai selaku kordinator kegiatan menjelaskan bahwa penanaman 100 bibit pohon Mahoni dilakukan di beberapa titik di wilayah pegunungan Intan Jaya, Papua Tengah.

“Satgas 330 dari jajaran Pos Bilogai melaksanakan kegiatan menanam pohon Mahoni dalam rangka peringatan HUT ke-63 Kostrad. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Satgas 330 untuk pelestarian lingkungan dan penyelamatan hutan”, ujarnya.

Dansatgas 330, Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, S.I.P., M.I.Pol. menegaskan bahwa penanaman 100 bibit Pohon Mahoni merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-63 Kostrad.

“Diharapkan kelak untuk pohon-pohon Mahoni yang ditanam Satgas 330 akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan seperti menjaga keseimbangan ekosistem, menjadi habitat bagi satwa liar, memberikan keteduhan dan udara segar bagi masyarakat di Intan Jaya”, ujarnya.

Lebih lanjut, Dansatgas 330 menjelaskan bahwa alam merupakan berkah yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa bagi umat manusia dan sudah merupakan kewajiban bersama untuk menjaga kelestarian alam.

(Red)

Berita Lainnya