Salut! UMC Kembali Dipercaya Sebagai TUK Test Substantif PPG Prajab 2023

Nusantara, Pendidikan1,851 views

Kab Cirebon – koranprogresif.co.id – Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Cirebon (PPG-UMC) di bawah nahkoda Dr. Nurkholis telah memberikan catatan prestasi yang sangat dibanggakan. Dengan Surat Keputusan (SK) No 049/1.a/UMC-SK.R/V/2022, PPG UMC tiada henti melakukan sosialisasi agar guru-guru di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), termasuk Brebes, guna mewujudkan esensi guru profesional yang menjadi dambaan setiap guru.

Kaprodi PPG-UMC, Dr. Nurkholis mengatakan Direktorat PPG Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi (Kemendikbudristekdikti) di Tahun 2023 ini kembali memberikan amanah kepada PPG UMC sebagai tempat Uji Kompetensi (TUK) Tes Substantif PPG Prajabatan 2023.

“Kami dipercaya oleh Direktorat PPG Kemendikbudristekdikti sebagai TUK Tes Substantif PPG Prajabatan 2023. Capaian ini berkat kerjasama semuanya, Rektor, Warek, Dekan, Kaprodi dan Bapak/Ibu dosen PPG UMC. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Nurkholis.

Perlu diketahui, ujar Nurkholis, di Jawa Barat, hanya ada 2 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai tempat penyelanggara tes substantif, yakni UMC dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

LPTK UMC Bergengsi

Nurkholis juga menyampaikan, UMC menjadi LPTK yg diperhitungkan oleh pemerintah, karena tidak hanya sarana dan prasarana yang memadai namun SDMnya pun berkompeten dan mampu bersaing dengan LPTK lain.

Dengan TUK Tes Substantif PPG Prajabatan 2023 ini, artinya, PPG UMC yang ketiga kalinya menggelar acara serupa.

Adapun jumlah peserta sebanyak 649 orang yang berasal dari Cirebon kota dan Kabupaten, Indramayu, Kuningan, majalengka, Brebes, tegal dan sebagainya. Kegiatan ini dimulai Jum’at – Selasa (7-11 Juli 2023). Saat yang bersamaan, BP3 dan Direktorat PPG melakukan visitas PPG selama 2 hari.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tes PCK (Pedagogical Content Knowledge) dengan peserta sebanyak 52 orang.

Tes PCK ini dilakukan untuk menguji kemampuan pengetahuan pedagogi para mahasiswa PPG Prajab yang sudah mengikuti perkuliahan selama 1 tahun.

Tes ini terdiri dari 60 soal dengan durasi 120 menit. Kegiatan ini pun berjalan dengan lancar dan aman.

Lantas apa itu Test Substantif PPG Prajab 2023?

Tes substantif merupakan rangkaian dari pelaksanaan seleksi PPG Prajabatan dengan materi uji penguasaan konten sesuai dengan bidang studi, literasi dan numerasi.

Terakhir, Nurkholis berpesan kepada seluruh peserta bahwa seorang guru dituntut untuk profesional dalam mengembangkan dan menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada peserta didik dengan segala potensi dan situasi yang dihadapi di lapangan.

Mereka dituntut untuk bekerja dengan kualitas yang baik yang dilandasi dengan rasa pengabdian, kecintaan terhadap profesi, kebiasaan melakukan refleksi diri, hingga semangat untuk terus belajar sepanjang hayat.

” Test ini menjadi track record untuk menunjukan kualitas para calon guru profesional hasil didikan PPG UMC,” tutup Nurkholis.

Berita Lainnya