Ratusan Tukik Dilepas Dandim 0806 dan Kapolres Trenggalek untuk Memperingati HUT Brimob dan Polair

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Tanggal 30 November 2023 menjadi momen bersejarah bagi warga Trenggalek, khususnya di Pantai Kili-kili Kecamatan Panggul. Dandim 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos, M.A dan Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H, S.I.K, M.Si, bersatu dalam sebuah acara yang penuh makna dengan pelepasliaran ratusan Tukik. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Brimob dan HUT ke-73 Polair.

Pantai Kili-kili, yang terkenal dengan keindahan alamnya, menjadi saksi bisu dari upaya pelestarian yang dilakukan oleh pihak konservasi penyu di wilayah tersebut. Dalam acara tersebut, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos, M.A, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim konservasi yang telah berperan aktif dalam melestarikan anak penyu.

Menurut Letkol Czi Yudo Aji Susanto, upaya pelepasliaran Tukik menjadi simbol perhatian terhadap keberlanjutan lingkungan laut. “Pelepasliaran ini tidak hanya sekadar sebuah acara seremonial, tetapi juga merupakan komitmen nyata dalam menjaga populasi penyu dan memastikan kelangsungan hidupnya di habitat alaminya,” ujarnya.

Pihak konservasi penyu di Pantai Kili-kili Kecamatan Panggul telah berhasil menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk pertumbuhan Tukik. Melalui upaya-upaya ini, mereka tidak hanya menjaga keanekaragaman hayati laut, tetapi juga turut berkontribusi dalam preservasi ekosistem pantai.

“Keberhasilan pelepasliaran ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat, instansi terkait, dan tentu saja, tim konservasi penyu. Mari kita jaga bersama-sama kelestarian lingkungan ini untuk generasi mendatang,” sambung AKBP Gathut Bowo Supriyono, Kapolres Trenggalek.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, pelajar, dan perwakilan instansi terkait ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan laut. Dengan pelepasliaran ratusan Tukik di Pantai Kili-kili, diharapkan pesan tentang keberlanjutan dan keharmonisan antara manusia dan alam dapat tersebar luas.

Semangat perayaan HUT ke-78 Brimob dan HUT ke-73 Polair di Trenggalek tahun ini tidak hanya dirayakan dengan upacara formal, tetapi juga dengan aksi nyata yang menginspirasi. Pantai Kili-kili, dengan keindahan alamnya yang memesona, kembali menjadi saksi dari komitmen bersama untuk melestarikan kehidupan laut dan menjaga harmoni antara manusia dan alam. (Red).

Berita Lainnya