Rapur DPRD Kab. Sukabumi Bahas Empat Agenda Penting

Nusantara, Politik631 views

Sukabumi – koranprogresif.co.id – DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar rapat paripurna ke-30 tahun sidang 2023, dalam rangka: (1). Penyampaian laporan Bapeperda tentang program pembentukan Perda TA. 2924, (2). Pengambilan keputusan atas program pembentukan Perda TA.2024, (3). Penandatangan berita acara persetujuan, (4). Penyampaian laporan dari masing-masing Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi tentang hasil Reses ke-3 tahun 2023, di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Jum’at (8/12/2023).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua I, Budi Azhar Mutawali, didampingi Wakil Bupati, H. Iyos Somantri, dihadiri para Anggota DPRD, Forkopimda dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Pimpinan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), DPRD Kabupaten Sukabumi, H. Nasrudin Sumitra Pura menjelaskan, terdapat sebelas Raperda telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah, Bampemperda, serta perangkat daerah pengusul Raperda untuk ditetapkan sebagai perda di tahun 2024 mendatang, 11 Raperda tersebut telah dilakukan pengkajian oleh Pemerintah Daerah bersama Bampemperda, dan perangkat daerah pengusul Raperda, ujarnya.

H. Nasrudin menyampaikan, ke 11 usulan Raperda tersebut telah disepakati bersama antara Pemerintah Daerah, Bampemperda dan perangkat daerah pengusul Raperda, lantas dari sebelas Raperda tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan sejalan dengan RPJMD, maka dari itu, Bampemperda DPRD Kabupaten Sukabumi telah sepakat untuk menyetujui sebelas Raperda tersebut untuk ditetapkan kedalam Perda Kabupaten Sukabumi tahun 2024 dan akan dibahas oleh DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, terangnya.

“Hasil pembahasan tersebut, dapat dijadikan dasar untuk penetapan dan kesepakatan rancangan keputusan DPRD tentang program pembentukan peraturan daerah kabupaten sukabumi tahun 2024,” ungkapnya.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara persetujuan antara Bupati dan DPRD tentang Propemperda Tahun 2024, dilanjutkan dengan penyampaian laporan reses ke 3 DPRD Kabupaten Sukabumi Tahun 2023 dari masing-masing Fraksi DPRD.

Sementara pimpinan rapat paripurna Budi Azhar Mutawali menyampaikan, dengan telah disampaikannya laporan hasil pelaksanaan kegiatan Reses ke-3 DPRD Kabupaten Sukabumi tahun 2023, yang merupakan media untuk menyampaikan keinginan dan kebutuhan masyarakat secara langsung.

“Untuk itu, kami meminta agar usulan-usulan hasil Reses ini untuk ditindaklanjuti dan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Sukabumi terutama untuk dimasukan dalam pembahasan dan penetapan APBD tahun anggaran 2024 yang akan datang,” tandasnya. (EK).

Berita Lainnya