Rangkaian HKGB, Bhayangkari Kapuas Gelar Lomba Merangkai Bunga

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Masih dalam rangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-71 tahun 2023, Bhayangkari Cabang Kapuas Kalimantan Tengah, menggelar lomba merangkai bunga, berlangsung di halaman Mako Polres Kapuas, Minggu (6/8/2023) pagi.

Lomba merangkai bunga diikuti oleh 18 kelompok bhayangkari, terdiri dari 7 kelompok dari satuan fungsi di Polres Kapuas dan 11 dari bhayangkari ranting atau polsek jajaran, dengan satu kelompok terdiri dari 3 orang.

Para peserta terlebih dahulu membuat tangkai, bunga dan daun serta pot, yang semuanya terbuat dari barang bekas yang biasa dianggap sampah seperti plastik, botol, kain, sedotan, tisu dan sejumlah barang bekas lainnya. Dimana kreatifitas, keragaman bahan, keunikan dan pemilihan warna menjadi salah satu poin penilaian untuk menjadi juara.
Ketua Bhayangkari Cabang Kapuas, Ny. Prietha Perthantri Kurniawan mengaku bangga atas hasil kreatif anggota Bhayangkari Kapuas.

“Kita bangga karena hasil kreatifitas ibu-ibu, semuanya unik dan menarik,” ucap Prietha.

Istri orang nomor satu di Polres Kapuas ini menambahkan, lomba merangkai bunga itu digelar dengan tujuan dapat mengajak ibu-ibu bhayangkari memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai atau barang bekas yang merupakan sampah menjadi produk bernilai jual.

“Harapan kita, ibu-ibu Bhayangkari Kapuas akan mampu meningkatkan keterampilan, sehingga bisa menghasilkan produk kerajinan hiasan rumah, bahkan bisa menjadi peluang usaha dan mampu menambah penghasilan keluarga,” ungkap Prietha Perthantri.

Sementara itu, salah satu peserta dari Bhayangkari Satintelkam, Ny. Haidar Faisal, mengaku senang adanya lomba ini karena dapat menambah wawasan ibu-ibu untuk menciptakan peluang usaha.

“Kami juga berharap ke depan adanya tambahan pelatihan merangkai bunga, untuk lebih meningkatkan keterampilan dan kreatifitas bhayangkari, sehingga dapat menghasilkan produk bernilai jual,” ujarnya.

Adapun 6 kelompok yang menjadi pemenang lomba ini adalah untuk tingkat ranting atau Polsek, juara pertama diraih Ranting Kapuas Hilir, disusul juara dua Ranting Selat dan Juara 3 Ranting Timpah.

Kemudian untuk satuan fungsi atau satfung Polres Kapuas, juara pertama diraih Satreskrim, juara dua BagOps dan juara tiga SatIntelkam. (Sri/Tatang Progresif).

Berita Lainnya