PUSHIDROSAL GELAR LATOPSSURTA HIDROS TA 2024

Mitra TNI84 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id, 26 Februari 2024 Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-seanografi (Latopssurta Hidros) TA 2024.

Latihan tersebut dibuka oleh Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) selaku Direktur Latihan (Dirlat) bertempat di Ruang Serba Guna Mako Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara, Senin (26/02/2024.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Rony Saleh, para Pejabat Utama, Kasatker serta peserta latihan.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal antara lain menyampaikan bahwa dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan implementasinya dalam bidang hidrografi telah berkembang dengan sangat pesat dan dinamis yang berdampak pada tuntutan kemampuan personel KRI, Unit Survei dan pengawak Pushidrosal. Selaras dengan hal itu, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, pemahaman dan penguasaan dalam PPKM setingkat Kogasgab, serta mempertahankan dan meningkatkan kesiapan operasional unsur KRI, KAL dan Unit Survei Pushidrosal dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP), maka Pushidrosal menyelenggarakan Latopssurta Hidros.

“Latihan ini merupakan tolok ukur penilaian kompetensi pelaksanaan tugas sesuai dengan peran, kewenangan dan fungsi Satker pelaksana maupun pendukung di jajaran Pushidrosal dalam proses penyelenggaraan surta hidros” kata Danpushidrosal.

Danpushidrosal menambahkan, latihan yang akan dikembangkan dalam Latopssurta hidros TA 2024 ini meliputi proses pengambilan keputusan dalam perencanaan operasi surta hidros dalam rangka Satgasduk Survei dan Pemetaan, akuisisi dan pengolahan data hidrografi, geofisika, oseanografi, meteorology, dan geografi maritim, serta penyajian informasi lingkungan medan tempur dalam format peta militer kertas, Additional Military layer (AML) dan analisa lingkungan medan tempur untuk kepentingan OMP.

Di Akhir amanatnya, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan waktu latihan dengan baik.

“Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh, pahami mekanisme dan laksanakan sesuai prosedur, jaga keselamatan personel dan materiil agar semua dapat berjalan aman, lancar dan Zero accident” Pungkasnya.

Latopssurta Hidros TA 2024 dilaksanakan selama 14 hari dengan jumlah peserta 174 orang. Latihan bertema “Satgas BHARATA-24 melaksanakan Operasi Survei Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam OMP” ini dibagi menjadi dua, yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapangan. Geladi Posko bertempat di Mako Pushidrosal, sedangkan Geladi Lapangan mengambil lokasi di perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta dengan melibatkan KRI Dewa Kembar-932, Unit Survei, KAL Vega, serta KAL Kobra dari Lantamal III Jakarta.

(Red)

Berita Lainnya