PRIMA Semboyan TNI, Ditunjukan Oleh Satgas Pamtas RI-PNG, Dengan Responsif Bantu Selamatkan Persalinan Warga yang Melintas di Depan Pos

TNI Polri78 views

Merauke –  Dini hari menjelang pagi, personel Satgas Pamtas Yonif 726/Tml membantu persalinan warga yang sementara melintas di depan Pos Wamp menuju ke RS di kota Merauke, Papua, Jumat (16/02/2024).

Seorang ibu hamil besar dan merasa kesakitan karena mau melahirkan, yang rencana akan melakukan persalinan di kota Merauke, diantarkan dari Puskesmas Bupul menuju RS di kota Merauke didampingi oleh bidan desa menggunakan mobil menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam.

Namun dalam perjalanan sekitar kurang lebih 800 m dari Pos Wamp Satgas Yonif 726/Tml, ibu hamil tersebut mengalami kontraksi sehingga bidan meminta supir untuk berhenti di Pos Satgas terdekat dan melakukan pemeriksaan pasien mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Melihat ada mobil yang mengarah masuk Pos Satgas, prajurit yang sedang berdinas jaga malam segera merespon menghentikan mobil tersebut dan menanyakan maksud dan tujuannya. Begitu mengetahui adanya pasien ibu hamil yang akan melahirkan dengan respon cepat langsung mempersilakan masuk dan memanggil personel kesehatan Pos untuk membantunya.

Akhirnya selang berapa menit kemudian ibu tersebut melahirkan bayinya dengan aman, lancar dan sehat. Selanjutnya ibu dan bayi tersebut melanjutkan perjalanan ke RS di kota Merauke untuk melaksanakan perawatan lebih lanjut.

TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif 726/Tamalatea, sebagai garda terdepan bangsa Indonesia memiliki prinsip responsif, yaitu selalu siap dan terbuka untuk membantu kesulitan-kesulitan rakyat Indonesia dimanapun berada, terlebih khusus bagi masyarakat Kab. Merauke Provisi Papua Selatan, yang berada di wilayah Perbatasan RI-PNG.

Berita Lainnya