Prajurit Yonif Mekanis 403/WP Yang Tergabung Dalam TMMD Reguler Ke 119 Ta 2024 Ikuti Upacara Pembukaan

TNI Polri34 views

Bantul – Berlangsung dengan khidmat Prajurit Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang tergabung dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 BKO Kodim 0729 Bantul mengikuti jalannya upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Banjarharjo I Muntuk Dlingo Kabupaten Bantul,. (Selasa 20/02).

Selaku Inspektur Upacara oleh Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih , ikut berbangga dilibatkannya prajurit – prajurit muda daro Yonif Mekanis 403/WP dimana mereka akan menginap bermalam di rumah warga selama kegiatan TMMD Ke – 119 Tahun 2024 berlangsung kurang lebih 30 hari kedepan. “Semua prajurit tersebut sudah didistribusikan. Mereka akan menginap di rumah-rumah warga yang masuk kategori menengah ke bawah,” ungkap Bupati.

Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista (disingkat Yonif Mekanis 403/WP atau Yonmek 403/WP) merupakan batalyon infanteri Mekanis Motoris yang berada di bawah struktur komando Korem 072/Pamungkas, Kodam IV/Diponegoro. Markas Batalyon (Mayonif) berkedudukan di pinggir Jalan Kaliurang km 6,5, Kentungan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Batalyon ini dibentuk pada 1 Agustus 1965. Pada sisi selatan markas Batalyon terdapat monumen pahlawan revolusi dan pernah menjabat (Danrem & Kasrem 072/Pamungkas), Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Inf (Anumerta) Sugiono. Masyarakat sekitar menyebut Batalyon ini dengan istilah “Patndolu” singkatan dari “Papat Ndol Telu”, yang berarti “Empat Kosong Tiga”.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilakukan sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI, lembaga pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan baik fisik maupun non fisik, seperti akses jalan transportasi yang belum ada atau belum layak, serta membantu pengentasan kemiskinan, kemiskinan dan bakti kesehatan.

Berita Lainnya