PRAJURIT KRI BANJARMASIN-592 LATIHAN VBSS GUNA TINGKATKAN KEAMANAN LAUT

Mitra TNI90 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, 21 April 2024 – Dalam rangka mendukung kegiatan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Angkutan Laut, sekaligus mendukung kelancaran proses gelar pasukan dan logistik satuan TNI. Prajurit KRI Banjarmasin-592 (KRI BJM-592) melaksanakan latihan VBSS (Visit, Board, Search, and Seizure) yang berlangsung di geladak Helly KRI BJM-592 pada hari Minggu (21/4). Latihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan prajurit disela-sela pelayaran guna meningkatkan kemampuan prajurit terkhususnya dalam mengamankan wilayah laut Indonesia dari aksi pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut.

Tim VBSS adalah sebuah tim kecil yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal. Ini merupakan komponen wajib TNI AL yang melekat pada KRI, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga keamanan dan kedaulatan di laut Indonesia dan latihan ini sebagai bentuk kesiagaan prajurit dalam menghadapi kondisi terburuk yang mengancam keselamatan pelayaran di laut, memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit dalam mendukung kesiapan operasional kapal perang.

Dalam latihan tersebut, prajurit KRI BJM-592 dilatih untuk melakukan pemeriksaan kapal, penangkapan dan penggeledahan secara efisien dan efektif. Latihan dilakukan dengan menggunakan skenario-skenario realistis yang melibatkan berbagai situasi yang mungkin terjadi di laut.

Disela-sela kegiatan, Komandan KRI Banjarmasin-592, Kolonel Laut (P) Yohanes Berchmans Cahyono H. S.E., M.Sos., menyatakan bahwa latihan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan prajurit dalam menghadapi tantangan di laut, “Komandan menekankan pentingnya kerjasama tim dan kewaspadaan tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas keamanan laut. Latihan VBSS ini juga merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk meningkatkan koordinasi antara berbagai unit dan instansi yang terlibat dalam menjaga keamanan laut Indonesia” Ucap Komandan KRI BJM-592 ketika meninjau latihan.

Diharapkan melalui latihan ini, kemampuan dan profesionalisme prajurit KRI Banjarmasin-592 dapat terus ditingkatkan untuk menjaga kedaulatan negara di perairan Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan perintah harian Kasal Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

(Red)

Berita Lainnya