Pj. Gubernur Heru, Di Apresiasi Sebagai “Tokoh Indonesia Infrastruktur”

Nasional184 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Tahapan awal dalam membangun perekonomian yang tangguh adalah infrastruktur yang solid. Di bawah arahan Pj. Gubernur Heru, Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia kategori Percepatan Infrastruktur, diberikan oleh Grup Tempo Media.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, pada Selasa (29/8) malam, di Hotel The Westin Jakarta Selatan.

Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan infrastruktur yang handal menghasilkan mobilitas yang lebih efisien, cepat dan berdampak positif pada sektor-sektor lainnya. Penghargaan ini merupakan bukti nyata akan prestasi ini.

Dalam ungkapannya, Pj. Gubernur Heru menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada para penyelenggara yang memberikan penghargaan ini.

“Penghargaan ini akan menjadi pemicu bagi semua yang terlibat untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta, menjadikannya solusi bagi warga, dan meraih posisi Jakarta sebagai kota global,” tutur Pj. Gubernur Heru di Balai Kota Jakarta, pada Rabu (30/8).

Upaya meningkatkan infrastruktur di berbagai sektor terus dikejar oleh Pemprov DKI Jakarta, sebagai wujud nyata dalam mendorong Jakarta sebagai pusat bisnis dunia. Langkah-langkah seperti percepatan proyek MRT Jakarta Fase 2A (Bundaran HI-Kota), MRT Fase 2B (Kota-Ancol), MRT Fase 3 East West (Cikarang-Jakarta-Balaraja), dan LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome-Manggarai), serta fasilitas untuk memperkuat integrasi antarmoda transportasi seperti Skywalk Kebayoran yang menghubungkan Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor 8-Halte Transjakarta Velbak Koridor 13-Stasiun KRL (Commuter Line) Kebayoran; dan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas yang menghubungkan Stasiun LRT Dukuh Atas dengan Stasiun KRL Sudirman, juga diupayakan.

Semua langkah ini merupakan bukti komitmen kuat Pj. Gubernur Heru dalam menangani masalah kemacetan di Jakarta melalui promosi transportasi umum. Keberhasilan proyek-proyek transportasi publik massal diharapkan akan memacu pertumbuhan Jakarta dan ekonomi nasional, sesuai dengan ambisi Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Selain itu, perhatian khusus juga diberikan pada proyek Sodetan Ciliwung, yang bertujuan mengalirkan 60 m3/detik air ke Kanal Banjir Timur sebelum musim hujan. Langkah ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi risiko banjir di beberapa wilayah Jakarta, dilakukan dengan kolaborasi yang sinergis dengan berbagai pihak.

Apresiasi Tokoh Indonesia ini menjadi perwujudan nyata penghargaan yang diberikan oleh Tempo kepada individu-individu yang telah memberikan kontribusi penting dalam pembangunan, baik secara lokal maupun nasional. Tempo mengakui peran krusial pemerintah daerah dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

Arif Zulkifli, Direktur Utama PT. Tempo Inti Media, Tbk, mengatakan bahwa, pemerintah daerah memiliki peran yang sangat penting sebagai wakil pertama yang langsung bersentuhan dengan aspirasi masyarakat dari berbagai tingkatan, termasuk daerah terpencil.

“Para pemimpin daerah harus memiliki kemampuan dalam memberikan layanan publik terbaik, memahami kebutuhan masyarakat di berbagai lingkungan, serta mampu menciptakan peluang untuk menjadikan peran pemerintah nyata dalam kehidupan warganya,” jelas Arif Zulkifli.

Apresiasi ini terbagi dalam delapan kategori, termasuk Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan, Percepatan Infrastruktur, Pariwisata Berkarakter, Pengembangan Digitalisasi, Pendorong Ekonomi Kerakyatan, Pembangunan Daerah 3T, Penjabat Kepala Daerah Inovatif, dan Penggerak Kemajuan Daerah Berciri Kepulauan. (Red).

Berita Lainnya