Pertemuan Pemimpin TNI AL dan AL Belanda, Sepakati Sejumlah Hal Penting

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Chief of the Royal Netherland Navy VADM Rene Tas, di Den Helder, Belanda, Senin (26/06).

Kasal menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan peningkatan kerjasama yang didasarkan pada hubungan persahabatan diantara kedua Angkatan Laut yang telah terjalin sejak lama.

Dalam pertemuan ini, keduanya menyepakati sejumlah hal penting diantaranya, peningkatan kerjasama, terutama dalam bidang latihan dan pendidikan. Rincian dan mekanisme bentuk latihan nantinya akan didiskusikan oleh kedua belah pihak melalui sarana Navy to Navy Talk.

Dalam kesempatan tersebut, VADM Rene Tas juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran KRI Bima Suci pada event Sail Den Helder 2023. Menurutnya, kehadiran KRI Bima Suci semakin menunjukan komitmen TNI AL sebagai AL berkelas dunia dan juga mitra strategis RNLN.

Pada berbagai kesempatan, Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa, peningkatan kerja sama bidang pertahanan laut dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas dari TNI AL.

‚ÄúPengembangan Sumber Daya Manusia secara bilateral dalam bentuk latihan dan pendidikan mutlak harus dilaksanakan dengan negara-negara sahabat, guna membentuk Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional,” tegas Kasal.

Sebelumnya, dalam pelaksanaan lawatan ke luar negeri kali ini, Kasal beserta sejumlah pejabat tinggi Mabesal juga telah bertemu dengan pemimpin Angkatan Laut negara-negara Eropa diantaranya Turki dan Prancis, untuk membicarakan kerja sama bidang petahanan laut. (Red).

Berita Lainnya