Persiapan Sea Games, Timnas Taekwondo Training Camp Sebulan di Spanyol

Nasional, Sosbud144 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Timnas taekwondo Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Sea Games di Vietnam dan Asian Games di Hangzhou, Tiongkok bertolak ke Madrid Spanyol untuk melakukan training camp. Direncanakan program training camp dan tryout berlangsung selama sebulan (29 Maret – 28 April 2022).

Sebelum melakukan training camp, timnas akan mengikuti turnamen internasional Spanish Open yang akan berlangsung dari tanggal 2 – 3 April 2022.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres), Yefi Triaji, keberangkatan timnas taekwondo ini adalah sebagai bagian dari upaya manajemen pelatnas untuk melihat progress pencapaian perkembangan atlet.

Selain itu, menurutnya, training camp dan mengikuti kejuaraan internasional juga dijadikan ajang untuk menimba pengalaman.

“Setelah mengikuti turnamen, timnas selanjutnya akan berada di Madrid melakukan training camp dan latih tanding hingga tanggal 28 April 2022 mendatang, tepatnya berlatih bersama di Hankuk Taekwondo team. Salah satu klub taekwondo dunia yang menghasilkan banyak atlet kelas Olimpiade,” ujar Yefi.

Dalam keterangannya, Yefi juga menjelaskan bahwa, timnas dibagi kedalam dua team, (tim A dan tim B). Tim A yang mengikuti Spanish Open terdiri dari dari Kim Seung ill dan Ong Stevanus (pelatih), yang akan mendampingi 6 atlet, yaitu Reynaldi Atmanagera, Adam Yazid, M. Bassam, Ni Kadek Heni, Mariska Halinda dan Megawati.

Adapun tim B mengikuti kejuaraan ATF di Vietnam yang akan berlangsung dari tanggal 1 – 2 April 2022. Mereka terdiri dari Andi Cahyadi, Vinny dan Hasbullah (pelatih), yang mendampingi 6 orang atlet yaitu Nicholass Armando, Kenny Rafael, Osanando Nauval, Glorya Keleyen, Silvana Lamanda dan Dinda Putri L.

*Timnas Poomsae Training Camp di Korea*

Sementara itu, timnas poomsae Indonesia juga akan melakukan training camp di Korea dan direncanakan akan mengikuti kejuaraan Internasional “Goyang 2022 World Taekwondo Poomsae Championship”.

Timnas terdiri dari Shin Seung Jung dan Maulana Haidir (pelatih), Laras Fitriana (Manajer). Mereka mendampingi atlet yang terdiri dari Defia Rosmaniar (Recognize Individual), M. Alfi Kusuma (Reacognize team), M. Hafidz (Reacognize team) dan M. Rizal (Reacognize team) dan Andi Sultan ( Free style U -17 Male).

Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki ketika dihubungi menyatakan bahwa, dirinya telah berpesan kepada seluruh jajaran tim pelatnas, baik manajer, pelatih maupun atlet untuk memaksimalkan kesempatan bertanding dan berlatih disana.

Dirinya meminta program training camp dan mengkuti kejuaraan internasional ini, dijadikan momentum untuk mengukur sekaligus mengevaluasi program latihan pemusatan latihan.

“Masih ada kesempatan untuk mengevaluasi segala kekurangan hingga nantinya para atlet berada dalam peak performance ketika bertanding di Sea Games nanti,” ujar Thamrin. (Red).

Berita Lainnya