Peran Babinsa Serda Mujianto dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Sebuah kesatuan dan kerjasama yang harmonis antara warga Desa, pemerintah, dan aparat militer terasa begitu kuat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang digelar di Balai Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Kamis (26/10/2023).

Acara tersebut bertujuan untuk membahas rencana prioritas pembangunan di Desa untuk tahun 2024.

Hadir dalam acara ini adalah, para pemimpin dan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari Kepala Desa Masaran, Bapak Supandi, bersama dengan perangkat Desa, hingga anggota Babinsa Masaran, Serda Mujianto. Kehadiran Bapak Sutikno, Kasi Ekobang Kecamatan Munjungan, Bapak Rusmani, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya menandai semangat gotong-royong dalam membangun Sesa.

Musrenbangdes adalah wadah tahunan yang sangat penting dalam mengarahkan pembangunan di tingkat Desa. Acara ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Desa untuk bersama-sama merumuskan prioritas pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka. Keterlibatan aktif masyarakat, termasuk tokoh agama, pemuda dan perwakilan dari berbagai lembaga kemasyarakatan, memberikan gambaran yang jelas tentang kebutuhan nyata dan aspirasi warga.

Menurut Serda Mujianto, Musrenbangdes bukan hanya sekadar rapat biasa. Ini adalah cerminan dari semangat gotong-royong dan kebersamaan di desa kami. “Melalui musyawarah ini, kami dapat merencanakan langkah-langkah strategis untuk memajukan Desa Masaran secara berkelanjutan,” tandasnya.

Dalam Musrenbangdes kali ini, peran Babinsa Masaran, Serda Mujianto, terlihat sangat signifikan. Sebagai ujung tombak TNI di tengah-tengah masyarakat, Serda Mujianto tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa, tetapi juga turut berperan aktif dalam mendukung proses pembangunan.

“Saya bersama rekan-rekan Babinsa lainnya selalu siap membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan. Kami mendukung Musrenbangdes karena kami tahu pentingnya partisipasi aktif semua pihak dalam merencanakan masa depan desa ini,” tambah Serda Mujianto dengan penuh semangat.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa bukan hanya sekedar agenda tahunan, melainkan bentuk nyata dari kebersamaan dan komitmen untuk membangun Sesa yang lebih baik. Dengan melibatkan semua pihak, termasuk Babinsa Masaran Serda Mujianto, Desa Masaran diharapkan akan terus berkembang dan menjadi tempat yang layak untuk ditinggali oleh generasi-generasi mendatang. Semangat gotong-royong dan kebersamaan inilah yang akan menjadi landasan kuat untuk mencapai visi pembangunan berkelanjutan di Desa Masaran. (Red).

Berita Lainnya