Pengurus Pusat Perwatusi 2024-2027 Dikukuhkan, Ketum Ingin Masyarakat Indonesia Punya Tulang Kuat

Nusantara86 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) III mengukuhkan kepengurusan periode 2024-2027. Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat Perwatusi, Anita A Hutagalung pun menyatakan keinginannya agar masyarakat Indonesia punya tulang kuat.

Anita menjadi Ketum Perwatusi untuk tiga periode berturut-turut. Di masa kepemimpinan kali ini, ia menekankan akan melanjutkan semua program yang sudah baik, salah satunya menyosialisasikan bahaya osteoporosis.

“Tentu kita melanjutkan program yang sudah baik. Kita sudah paparkan sosialisasi osteoporosis,” katanya kepada wartawan di sela-sela Munas Perwatusi, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Dalam menyoalisasikan bahaya osteoporosis, tambahnya, Perwatusi bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi).

“Perosi terdiri dari pakar-pakar. Kita akan bekerja sama untuk menyosialisasikan, meningkatkan awareness masyarakat juga tentang penyakit osteoporosis. Yang penting banget adalah osteoporosis ini adalah akibatnya patah tulang yang terjelek. Itu yang kita sosialisasikan supaya patah tulang ini tidak terjadi,” ujarnya.

Ia menekankan, sosialisasi yang dilakukan Perwatusi tidak hanya kepada orang tua, melainkan juga kepada generasi muda. “Jadi kita sampai ke sekolah, kita mendampingi masyarakat bagaimana supaya mengerti mengenai osteoporosis,” ucapnya.

Selain melakukan sosialisasi, tambahnya, Perwatusi juga terus mengajak masyarakat untuk melakukan senam pencegahan osteoporosis. “Senam kita ada senam pencegahan, senam osteoporosis untuk lansia, senam osteodance untuk kaula muda. Osteodance kita masuk ke sekolah-sekolah, guru-guru kita sosialisasikan juga,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman. Hayono mengatakan, berdasarkan riset, anak umur 10 sampai 16 dapat dikatakan bugar.

“Tapi saat umur 18-26 itu tidak bugar, sehat belum tentu bugar. Bugar itu menurun di usia-usia itu,” ujar Hayono.

Menurutnya, kebiasaan pemuda yang malas berolahraga dan pola hidup tidak sehat menjadi penyebab utama kebugaran masyarakat Indonesia terus menurun. Karena itu, lanjut Hayono, KORMI siap bekerja sama dengan Perwatusi untuk menyosialisasikan pentingnya bergerak atau berolahraga.

“Jangan sampai tidak bergerak, karena bergerak itu penting. Kita siap bekerja sama dengan Perwatusi,” ucapnya.

**Susunan Dewan Pengurus Pusat Perwatusi**

Pelindung: Hj Wury Ma’ruf Amin, Hj Mufidah Jusuf Kalla

Ketua Umum: Anita A Hutagalung.

Wakil Ketua I (membawahi bidang pendidikan, pelatihan, dan pelayanan): Dr Ade Jeanne DL Tobing, Sp.Ko.

Wakil Ketua II (membawahi bidang hukum dan pengembangan organisasi): Tabrani Abby SH, M.Hum.

Wakil Ketua III (membawahi bidang hubungan internasional): Dr Siti Nurazizah, SH, M.Hum.

Wakil Ketua IV (membawahi bidang hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga): Otto Nasri SE, LUTCF.AWM.

Sekretaris Umum: Dr Ida Ayu Astuti MBA.

Wakil Sekretaris Umum: Ir Silvana Retno Hersahara.

Bendahara Umum: Agustina Hendro.

Wakil Bendahara Umum: Rachmawati.

**Bidang-bidang**

**Bidang pendidikan, pelatihan dan pelayanan**

Ketua: Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MKM, SpGK-KI.

Anggota: Dr. Endang Murdiyati, Dr. Angelica, Anggunadi, Sp.KO IFR. Citara Siahaan, Purnamawati M.R, drg. Elly Rosiani, Dewi Kurnianingrum, Sri Rejeki, Mila Cobat, Njo Je Niang (Yenny Maria), Ediningsih, Indra Suhardiman, Endang Wihartanti, Sartini, Retno Sunarto S.G.

**Bidang hukum dan pengembangan organisasi**

Ketua: R. Wahyu Handoko, S.Sos, MM.

Anggota: Dr. Muttiah Rochelle, Soeatmaji, Sp.OT, Dr. Halik Malik, Dra. Rahayu Rihastuti, Made Dwi Mas Utami, Siti Rahmany BKR,
Sjamsun Nahar, SH, Dra. Nelly Z.Topobroto, Danimar Ibrahim, Rifcal Dwi Juniarto.

**Bidang Hubungan Internasional**

Ketua: Iftida Yasar, SH,
Anggota: Dr. Tatiana M. Rotikan, Sp.KO

**Bidang Humas dan Hubungan Antarlembaga**

Ketua: Lesye Shahli Latif

Anggota: Febrinaldo M, Dewie Triastusti, Theodorus Dar Edi Yoga, Hartantoro, Ir. Ratna Diah Kurniati, M.Si, Lathfia Ameera Nasri.

**Bidang usaha dan dana**
Ketua: Dr. Yuni Ismail

Anggota: Ezki Tri Rezeki Widianti, Rachma Arsyad, Sri Endang Budianingsih, Linda J. Rheins.

Berita Lainnya