Pengamat: Anies – AHY Nobar Voli, Sinyal Pasangan Pilpres 2024

Nasional, Politik400 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie menilai, Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dinilai memberi kode soal calon wakil presiden (cawapres). Hal itu terlihat dari keakraban Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat nonton bareng (nobar) voli.

“Dengan nonton voli bersama, saya pikir keduanya sudah padu tinggal bagaimana kesepakatan bersama,” katanya melalui keterangannya, Minggu (23 Juli 2023).

Jerry mengatakan, tidak menutup kemungkinan Anies memilih AHY sebagai pendampingnya. Apalagi, soliditas dan komitmen kedua pihak terlihat dalam beberapa waktu terakhir.

“Sinyal lain keduanya berpasangan saat Anies naik dan pulang haji, AHY yang mengantar dan menjemput,” papar dia.

Jerry menduga, penjajakan antara Anies dan AHY sudah dilakukan beberapa waktu terakhir. Mereka menyatukan visi dan memperkuat komunikasi politik.

“Ini sudah berjalan efektif dan afdol, tinggal diumumkan saja,” ujar dia.

Sementara itu, Jerry memprediksi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) legawa bila Anies berpasangan dengan AHY. Apalagi, bila Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memberi pandangan secara langsung.

“Pasalnya, hubungan antara SBY dan PKS sampai saat ini cukup harmonis dan PKS akan mendengar sikap politik SBY,” jelas dia.

Sebelumnya, Anies dan AHY nobar pertandingan voli Timnas Indonesia melawan Vietnam di Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (22 Juli 2023). Kedua tokoh kompak datang bersama dan mengenakan baju yang sama.

“Terima kasih Mas AHY sudah ajak saya nonton voli malam ini. Tadi kita sempat makan dulu nunggu jamnya mulai terus kita jalan bareng,” ujar Anies di Bogor, Sabtu (22 Juli 2023). (Red).

Berita Lainnya