Pencegahan Demam Berdarah Oleh Koramil Kramatjati Dengan 3 M

Jakarta – koranprogresif.co.id – Di Musim penghujan sekarang ini, Danramil 05/Kramatjati, Mayor Kav Luky Dibyanto melaksanakan kegiatan karya bakti bersama warga dan PPSU, bertempat di Jln. Karya bakti RT.02/10 Kelurahan Kramatjati Kecamatan Kramatjati, Kamis (18/04/24).

Menurut Danramil, Karya bakti yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk membersihkan, menuang genangan air, kaleng bekas yang berisi air serta pembersihan sampah dan rumput liar yang menampung genangan air, sehingga menyebabkan nyamuk bersarang berkembang biak seperti nyamuk Aedes Aegypti di lingkungan tempat tinggal warga dan harus segera dibersihkan.

“Kegiatan 3 M ini dilakukan oleh Babinsa Serda Nyono bersama PPSU Kelurahan Kramatjati untuk melakukan pembersihan selokan dan semak-semak, tempat genangan air yang masih terlihat untuk segera di tuang atau keringkan, guna pencegahan berkembang biaknya nyamuk Demam berdarah Aedes aegypti tersebut,” ujarnya.

Selain membersihkan, lanjut mantan Danramil Pasar Rebo, juga mengeringkan genangan air, kegiatan karya bakti ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan komunikasi dua arah antara Babinsa dengan warga binaan teritorialnya.

“Mengapa kita harus membersihkan saluran air, selain menjadi permasalahan ketidaknyamanan, air kotor yang tergenang atau saluran tersumbat menjadi tempat favorit bagi nyamuk hingga bakteri jahat. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diare hingga demam berdarah,” imbuhnya.

Beberapa cara pencegahan demam berdarah (DBD) yang harus di lakukan dirumah yakni, Menguras bak mandi seminggu sekali, Bersihkan juga wadah penampung air lainnya, Pasang kasa dan kelambu nyamuk, Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, Gunakan lotion atau krim antinyamuk, Gunakan pakaian tertutup saat keluar rumah dan kordinasi dengan Puskesmas untuk melakukan Fogging. (Red).

Berita Lainnya