“Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan Di Kab. Sabang, Aceh” Dapat Menjaga Keberagaman Dan Merawat Kebersamaan Untuk Indonesia Maju

TNI Polri178 views

NAD – Dialog Interaktif “Cegah Konflik Sosial di Sabang, di Daerah Istimewa Aceh” adalah program Spaban 1 Staf Intelijen Angkatan Darat / Sintelad yang diinisiasi oleh Bapak Kasad Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si. selanjutnya beliau memberikan tugas kepada Asintel Kasad Mayjen TNI Dr. Drs. Arief Jaka Tandang, M.S.C,. M.A.P. untuk mendesain program tersebut kemudian Asintel Kasad memerintahkan Waas Intel Kasad Bid. Jemen Intel Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.S.IP., M.Han. utk mengsosialisasikan program tersebut sekaligus menjadi nara sumber.

Kegiatan Pembinaan Komunikasi/Binkom Cegah Konflik Sosial ini diikuti oleh 300 peserta Komponen Masyarakat yang terdiri dari Forkopimda,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta Organisasi Masyarakat dan Mahasiswa yang dihadiri langsung oleh Waas Intel Kasad Bid.Jemen Intel untuk membacakan amanat Asintel Kasad sekaligus sebagai Nara Sumber dalam Program Binkom tersebut. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Walikota Sabang, Senin (13/11/2023).

Bedasarkan testimoni dari peserta Binkom bahwa kegiatan yg mengambil tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”itu, sangat penting di Era Globalisasi Informasi dan Teknologi saat ini, menuntut kita untuk mengetahui secara aktual tentang perkembangan lingkungan startegis terkait Global situation, Regional situation, Nacional situation and Local situation serta Geo Politic and Geo Startegy saat ini.

Dalam rangka menghadapi Nacional Situation terutama di tahun politik 2024 yang akan datang maka sangat rentang dengan isu-isu negatif yang kemungkinan dilontarkan oleh para pendukung, simpatisan maupun relawan dari paslonnya masing-masing sehingga apabila tidak di cegah sedini mungkin, dapat memicu konflik sosial baik secara horizontal maupun vertikal, akibatnya bisa terjadi disintegrasi bangsa, keretakan bangsa dan bisa memecah belah bangsa lndonesia.

Dengan adanya kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial ini diharapkan dapat mengingatkan kembali seluruh komponen masyarakat agar bahu membahu dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing terutama dalam menghadapi tahun politik yang akan datang.

Dengan diadakannya dialog interaktif tentang Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan kepada komponen masyarakat semoga dapat mewujudkan kesadaran tentang bagaimana cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan konsep tentang Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan adalah komponen yang paling mendasar bagi bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten Sabang,Aceh agar tidak terprovokasi dengan isu dan propaganda dari pihak tertentu yang ingin menganggu stabilitas nasional bangsa.

Dalam acara tersebut Peserta Binkom Cegah Konflik Sosial memberi apresiasi sangat positif terkait dengan program Binkom ini, karena sangat bermanfaat untuk membangkitkan kembali semangat juang yang tinggi, membangun jiwa untuk rela berkorban yang hakiki dan berani mempertahankan NKRI tercinta dari segala bentuk hakekat ancaman. Sebagai warga negara Indonesia maka masyarakat Sabang yang berada di daerah bagian paling barat Indonesia dan dikenal dengan keindahan alamnya ini, sudah berjanji dan berkomitmen akan mencegah segala bentuk konflik sosial di wilayah Sabang.

Dalam acara ini menghadirkan para pemateri dari kalangan, Pemerintah Daerah yaitu Kakankesbangpol Kota Sabang Drs Teuku Ramli Angkasa serta nara sumber dari Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakii Waas Intel Kasad Bid.Jemen Intel, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva.S.IP., M.Han. dengan materi “Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan”.

Brigjen TNI Antoninho, mengatakan bahwa masyarakat Sabang penuh bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini serta berpandangan positif, terlihat dari beberapa pertanyaan yg dilontarkan kpd para nara sumber sangat kritis, akademis, realistis dan berwawasan luas,”sbg wujud warga negara Indonesia yg cinta NKRI adalah harga mati.

Melalui kegiatan ini, kita juga berharap dapat meningkatkan sinergitas secara integral antara TNI AD, POLRI, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Sabang, terutama dalam mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita HOAKS dan PROPAGANDA,” di tahun Politik 2024 mendatang.

Peserta Binkom mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasad Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si. atas tereselenggaranya program tersebut semoga ke depan tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan harapan TNI AD S’LALU DI HATI RAKYAT. (*)

Berita Lainnya