Pastikan Sistem Kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali Aman, PLN UIP2B Jamali Siaga Menjelang Pemilu 2024

Nasional138 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Menjelang perhelatan Pemilihan Umum Republik Indonesia 2024, PT. PLN (Persero) Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali (PLN UIP2B Jamali) memastikan suplai kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) dalam kondisi aman. PLN UIP2B Jamali juga membentuk 12 posko siaga dari tanggal 11-17 Februari 2024.

Posko siaga tersebut memonitor dan melaporkan kondisi pembangkitan, transmisi dan distribusi serta kejadian gangguan selama periode siaga.

Memastikan kesiapan dan keandalan semua peralatan yang ada, memastikan keandalan pasokan energi primer (batubara, gas dan bbm) termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait dalam memastikan kesiapan sumber energi primer serta moda transportasi pengiriman.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan pesan untuk membangun pola operasi yang dapat memfasilitasi setiap kawasan prioritas dengan pengelolaan risiko seminimal mungkin.

Unit pengatur beban harus benar-benar menjaga pola operasi agar pasokan listrik di seluruh sistem kelistrikan selama masa pemilu yang damai dapat terjaga keandalannya.

Saat ini, kecukupan daya di PLN UIP2B Jamali dengan daya mampu pasok sebesar 37.364 megawatt (MW), beban puncak tertinggi sebesar 28.077 MW dan cadangan daya sebesar 9.287 MW. PLN UIP2B Jamali memproyeksikan sistem kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali dalam kondisi aman pada hari H Pemilu 2024 tanggal 14 Februari 2024 dengan Daya Mampu Pasok sebesar 36.057 MW, Beban Puncak sebesar 23.748 MW dan Cadangan Daya sebesar 12.309 MW.

Dalam rangka siaga Pemilu 2024, PLN UIP2B Jamali telah mendata lokasi-lokasi strategis pemilu dan pasokannya.

Selanjutnya, melakukan inspeksi dan pemeliharaan untuk memastikan instalasinya dalam kondisi normal untuk menjaga keandalan pasokan.

Untuk menjaga keandalan sistem Jamali, dilakukan pengaturan jadwal pemeliharaan terencana agar dilakukan di luar masa siaga.

Selain itu, PLN UIP2B Jamali menjaga kontingensi N-1 Interbus Transformator (IBT) di setiap sub sistem, menjaga transfer dalam batas aman, menyiapkan cadangan putar fast response serta menyiapkan strategi pengaturan tegangan yang dituangkan dalam Standard Operating Procedure (SOP) Pemilu 2024.

PLN UIP2B Jamali mengerahkan 300 personil siaga di seluruh Jamali. Peralatan pendukung berupa peralatan telekomunikasi, Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan proteksi sistem sebanyak 36 unit juga disiagakan. Sebagai pendukung operasional, PLN UIP2B Jamali juga menyiapkan 60 unit mobil.

General Manager PLN UIP2B Jamali Munawwar, Furqan menyampaikan akan terus meningkatkan kewaspadaan baik teknis maupun non teknis serta meningkatkan koordinasi dalam upaya pengamanan asset vital/ strategis selama periode siaga Pemilu 2024. (Rls).

Berita Lainnya