Pastikan Arus Mudik Lancar, Kodim 0801/Pacitan Bersama Instansi Terkait Bersinergi Dalam Pengamanan

Pacitan – koranprogresif.co.id – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H, para petugas baik TNI, Polri maupun Instansi Terkait lainnya, bersinergi melaksanakan kegiatan pengamanan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik.

Mereka disiagakan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama periode mudik Lebaran 2024. Kegiatan pengamanan ini meliputi pemeriksaan kendaraan, penjagaan terhadap titik-titik rawan, serta patroli di jalur-jalur utama di wilayah Kab. Pacitan, Sabtu (6/4/2024).

Selama pelaksanaan pengamanan, para petugas melakukan upaya Preventif guna memberikan rasa aman kepada masyarakat. selain itu, juga aktif memberikan himbauan ataupun informasi yang akurat, sehingga pengguna jalan dapat menjaga keselamatan.

Tak hanya itu saja, guna memastikan tidak ada barang ilegal ataupun berbahaya, para petugas secara intens melakukan pemeriksaan terhadap pengguna jalan yang melintas, termasuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P mengingatkan kepada setiap pengendara untuk senatiasa mematuhi rambu-rambu lalu lintas, termasuk melengkapi kelengkapan surat-surat kendaraan demi keselamatan bersama.

“Kami telah menempatkan personil gabungan TNI Polri di sepanjang jalur mudik dan titik-titik rawan demi kelancaran arus mudik dan sebaliknya. Selain itu, beberapa tempat obyek wisata juga menjadi fokus pengamanan,” ujarnya saat ditemui secara terpisah.

Ia juga menyarankan kepada para pemudik, apabila kondisi badan tidak memungkinkan untuk melaksanakan perjalanan jauh, lebih baik berhenti sejenak dan istirahat. Kemudian setelah badan fit, silahkan melanjutkan perjalanan kembali.

“Dengan adanya kehadiran petugas di berbagai titik strategis, diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, tindak kriminal, serta memberikan rasa aman bagi para pemudik,” jelasnya. (Red).

Berita Lainnya