Pantai Pelabuhan Ratu Perlu Perhatian Pemerintah

Opini2,305 views

Catatan Dr. Suriyanto PD, SH, MH

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Pantai Pelabuhan Ratu mempunyai keindahan panorama alam yang sulit ditemukan di tempat lain. Maka dari itu, wajar jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat.

Pantai Palabuhanratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat, Indonesia.

Lokasinya terletak di garis pantai selatan dari Kota Sukabumi, Pelabuhan Ratu juga sebagai ibu kota kabupaten sukabumi yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Sukabumi.

Di wilayah pelabuhan ratu juga terdapat wisata religi seperti yang terdapat di pantai Karang Hawu dan Hotel Ina Samudra Beach.
Destinasi wisata yang sangat indah di Teluk pelabuhan ratu ini masih perlu perhatian khusus dari pemerintah baik dari Provinsi, Kabupaten dan kementrian pariwisata.
Teluk Pelabuhan Ratu disamping sebagai kawasan pariwisata dan religi internasional, daerah ini juga sebagai penghasil hasil laut yang salah satunya adalah penghasil baby lobster mutiara yang hingga hari ini juga masih menjadi perdebatan dalam pemasarannya.

Kawasan wisata pelabuhan ratu ini tidaklah kalah dengan kawasan wisata lain yang ada di indonesia, namun hingga saat ini belum diperhatikan dengan baik oleh Gubernur Jawa Barat dan Bupati Sukabumi untuk membangun kemajuan wisata pantai pelabuhan ratu ini.

Saat saya berkunjung ke daerah ini masih menemukan jalan berlobang dari mulai masuk ke wilayah jalan Cikidang yang tidak memiliki marka jalan serta penerangan bahkan mulai masuk ke wilayah jalan pantai tidak ada penerangan sama sekali padahal jalan Cikidang ini sebagai jalan alternatif untuk menuju ke wisata pantai pelabuhan ratu.

Yang lebih parahnya disepanjang bibir pantai masih banyak sampah juga di pinggir jalan nasional pelabuhan ratu sehingga merusak pemandangan jalan juga mempermalukan wilayah tersebut dari para turis lokal maupun mancanegara yang datang ke wilayah tersebut.

Saya menghimbau kepada Gubernur Jawa Barat, Bupati Kabupaten Sukabumi dan pemerintah pusat dapat memberi perhatian khusus di wilayah wisata pelabuhan ratu.

Pada hal bila wilayah wisata pelabuhan ratu ini di kelola dan dibangun dengan baik oleh pemerintah, maka akan dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat di wilayah tersebut dari mulai wisata pantai, hasil lautnya juga UMKM nya. Pemerintah jangan diamkan hal tersebut.

Ketua Umum DPP Persatuan Wartawan Republik Indonesia.

Berita Lainnya