Pangkoarmada RI Ikuti Peringatan Hari Bakti Hiu Kencana, Berikan Penghormatan Kepada Awak KRI Nanggala-402

Mitra TNI62 views

Surabaya – koranprogresif.co.id, 21 April 2024. Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. mengikuti peringatan Hari Bakti Hiu Kencana, yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., dengan memberikan penghormatan kepada para arwah pengawak KRI Nanggala-402 yang patroli abadi (on etemal patrol), bertempat di Monumen KRI Nanggala-402 Ujung Koarmada II Surabaya, Minggu (21/4).

KRI Nanggala-402 yang On Eternal Patrol pada 21 April 2021 ini diperingati sebagai Hari Bakti Hiu Kencana, peringatan tidak hanya dilaksanakan oleh para pimpinan dan prajurit TNI AL saja, tetapi juga kali ini diikuti beberapa Kepala Staf Angkatan Laut negara sahabat, seperti dari Malaysia, Australia, Korea Selatan dan Vietnam.

“Seperti yang sudah disaksikan tadi, acara penghormatan kepada KRI Nanggala-402 yang tenggelam pada 21 April 2021, dan ini diperingati sebagai Hari Bakti Hiu Kencana, saya bersama dengan beberapa Kepala Staf negara sahabat, dari Malaysia, Australia, Korea Selatan dan Vietnam,” ujar Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, seusai kegiatan di Monumen KRI Nanggala-402 Ujung Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Kepala Staf Angkatan Laut keempat negara sahabat tersebut, adalah Kasal Australia VADM Mark Hammond, Kasal Korea Selatan yang diwakili Superintendent of ROK Naval Academy RADM Lee Su-Youl, Kasal Malaysia Admiral Tan Sri Abdul Rahman dan Wakil Kasal Vietnam RADM Nguyen Dihn Hung.

Kehadiran negara sahabat dalam peringatan bertema “Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala-402″ tersebut merupakan wujud dari kebersamaan dari persahabatan negara-negara sahabat yang juga berkontribusi dalam menolong dan mengevakuasi KRI Nanggala-402.

‘Kejadian ini tentu saja sangat menyedihkan, tapi ini diperingati, bahkan disampaikan rasa bela sungkawa dari berbagai negara, termasuk negara sahabat yang tadi saya sebutkan. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang tadi turut memperingati Hari Bakti Hiu Kencana ini,” ujar Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Sebelumnya, dalam kegiatan “Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala- 402” tersebut juga diluncurkan buku “Diplomasi Sang Hiu Kencana” oleh KSAL Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Buku tersebut memiliki nilai abadi sebagai implementasi Naval Diplomacy TNI Angkatan Laut.

(Red)

Berita Lainnya