Pangdam III/Siliwangi: Masyarakat Harus Berperan Dalam Perangi Banjir Melalui Revitalisasi Oxbow

Kab. Bandung – koranprogresif.co.id – Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P di dampingi Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Caj (K) Nurjanah Suat, S.Pd., M.Si, terjun langsung meninjau rencana revitalisasi Oxbow di Kp. Bojongsayang, Rancamanyar, Baleendah, Kab. Bandung, Kamis (10/08/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw, Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang disampaikan kepada awak media, Jum’at (11/8/2023).

Revitalisasi oxbow bertujuan untuk mengaktifkan lagi sungai yang mati menjadi produktif, sehingga daerah yang tadinya terdampak banjir bisa diminimalisir dengan normalisasi sungai Citarum.

Dalam rencana revitalisasi, akan dimulai dengan pengerukan sedimen yang sudah menjadi daratan agar terbentuk kembali sungai tersebut sesuai bentuk awal. Pekerjaan akan melibatkan personel jajaran Kodam III/Slw bekerja sama dengan BBWS serta masyarakat setempat.

Untuk teknis pengerjaannya sungai yang tadinya lebar 2 meter akan distandarkan kembali menjadi 30 meter. Konsep Oxbow di daerah Rancamanyar nantinya akan dimulai pengerjaan pada (15/08/2023) dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024 nanti.

Dampak sosial dalam revitalisasi tersebut, terus di minimalisir melalui penyelesaian penthahelix antara Sektor 7 Satgas Citarum, BBWS dan aparat Pemerintah setempat. Sosialisasi, observasi dan berbagai solusi telah diselesaikan agar dampak banjir di daerah Rancamanyar Baleendah dapat dikurangi dengan signifikan.

Pekerjaan Oxbow merupakan kelanjutan dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah disepakati antara Kodam III/Slw dengan BBWS Citarum dalam rangka merevitalisasi sungai untuk mengurangi dampak banjir yang sangat luas di daerah tersebut.

“Kita dengan BBWS serta Satgas Citarum Harum mencoba untuk membuka jalur yang dapat mengurangi banjir. Tadi kita meninjau untuk area yang akan di kerjakan serta memastikan semua pihak memahami tujuan revitalisasi sungai tersebut,” tutur Pangdam.

Pangdam menjelaskan bahwa, Kodam III/Slw sangat mendukung perencanaan pekerjaan revitalisasi Oxbow. Implementasinya dilakukan dengan memberikan dukungan personel, peralatan, sosialisasi serta progress kerja.

Turut hadir Asrendam III/Slw, Asintel, Asops dan Aster Kasdam III/Slw, Dandenmadam III/Slw, Danpomdam, Kahubdam, Kakesdam, Kakumdam, Kabintaljahradam III/Slw, Pa Lo AL, Dansektor 7 Citarum Harum dan Dandeninteldam III/Slw. (Red/Pendam III/Siliwangi).

Berita Lainnya