Panen Raya Padi Wujudkan Swasembada Pangan di Kabupaten Ponorogo

Ponorogo – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono diwakili Kasdim 0802/Ponorogo, Mayor Inf Misirin hari ini menghadiri acara Panen Raya Padi bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Ir. Dydik Rudy Prasetya MMA, Rabu (24/04/2024).

Panen Raya Padi Poktan Mekar Sari di Desa / Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo tersebut juga dilakukan acara seremonial berupa sambutan sambutan baik dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Ir. Dydik Rudy Prasetya, MMA dan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo, Drs. Supriyanto, M.M.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur saat memberi sambutan diantaranya menyampaikan apresiasi terhadap para petani Kabupaten Ponorogo yang sudah sangat luar biasa dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional dimana saat ini sudah mencapai areal panen seluas 70 juta hektar termasuk di lahan Kelompok Tani (Poktan) Mekar Sari Desa Sukorejo.

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo saat memberi sambutan diantaranya juga menyambut baik atas kedatangan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Dikatakan bahwa, Ponorogo saat ini masuk menjadi objek Panen Raya IP 200, IP 300 dan IP 400 dimana ini semua adalah efek dari listrik masuk sawah guna kebutuhan pengairan para petani. Tidak hanya itu, berkat kerjasama yang baik dengan Kodim 0802/Ponorogo, lahan jagung di Kabupaten Ponorogo juga naik signifikan menjadi 45.000 hektar.

Namun demikian menurutnya tidak sedikit kendala yang dihadapi para petani diantaranya kesulitan masalah kebutuhan pupuk organik sehingga dia berharap agar Pemerintah Provinsi Jawa Timur bisa memberikan solusi terbaik dalam menangani masalah tersebut.

Sementara Kasdim 0802/Ponorogo yang hadir mewakili Dandim 0802/Ponorogo mengatakan bahwa, Panen Raya Padi tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan ketahanan pangan dalam mempercepat program swasembada pangan.

“Panen Raya Padi hari ini, merupakan salah satu wujud atau upaya menyukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional yang mana ini bisa mempercepat proses Swasembada Pangan khsususnya di wilayah Ponorogo,“ kata Kasdim 0802/Ponorogo.

“Alhamdulillah untuk Kodim 0802/Ponorogo bekerjasama dengan unsur tekait termasuk Pemerintah Daerah terus berupaya melakukan berbagai terobosan seperti pembuatan sumur bor, reboisasi serta penanaman jagung yang mana semua itu untuk peningkatan produktifitas pertanian dan ketersediaan pangan yang cukup di wilayah Kabupaten Ponorogo,“ terang Mayor Inf Misirin.

Kasdim 0802/Ponorogo juga berharap bahwa, bukti nyata dari Panen Raya Padi yang merupakan hasil kerja keras baik itu dari para petani atau kelompok tani serta adanya pendampingan dari pihak TNI tersebut, diharapkan dapat memotivasi dan memberikan semangat kepada seluruh petani khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Ponorogo untuk terus berkarya dan lebih giat menanam padi demi terwujudnya Swasembada Pangan.

Hadir dalam Panen Raya Padi tersebut antara lain: Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Kasdim 0802/Ponorogo Mayor Inf Misirin, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo, Pasiter Kodim 0802/Ponorogo, Danramil Tipe B 0802/06 Sukorejo beserta anggota, Kapolsek Sukorejo beserta anggota, Sekcam Sukorejo, Kades Sukorejo, Ketua Gapoktan dan Poktan se-Desa Sukorejo serta masyarakat Desa Sukorejo. (Red/MdC 0802).

Berita Lainnya