OSO dan Warga NU Makin Mesra

Opini1,827 views

Oleh: H. Djafar Badjeber

Jakarta – koranprogresif.co.id – Mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum begitu tahu hubungan kekeluargaan Pak Oesman Sapta Odang (OSO) dengan tokoh-tokoh NU.

Bahwa Pak OSO punya hubungan baik dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), saat beliau sebagai Ketua Umum NU sampai bagaimana proses Gus Dur menjadi presiden RI. Tentu dalam hal ini, Pak OSO sangat tahu apa yang terjadi saat itu.

Selain itu, OSO juga sangat dekat dengan Yenny Wahid, puteri Gus Dur. Dari pengamatan penulis, OSO beberapa kali ketemu Yenny Wahid mendiskusikan banyak hal, terutama soal Kebangsaan.

Selian itu, OSO juga sangat dekat dengan Prof KH. Said Agil Siradj, mantan Ketum PBNU. Bahkan sesuai yang penulis dengar, Pak Kyai ini dipercayakan OSO sebagai Komisaris Utama dalam bisnis OSO Group.

Juga Ketua Umum NU saat ini, KH Yahya Staguf punya hubungan dekat dengan OSO. Terinformasikan beliau berdua sering diskusi berbagai hal terutama untuk menjaga NKRI.
Selain itu, Pak Menteri Agama yang adik kandung Ketua Umum PBNU juga punya hubungan khusus dengan OSO.

Lebih dari itu, OSO juga punya hubungan istimewa dengan Prof DR KH Asep Syaifudin Chalim, Ketua Umum Persatuan Guru NU (PERGUNU), selain itu, OSO punya hubungan khusus dengan KH As’ad Ali, Ketua Pembina PERGUNU yang mantan Wakil Ketua BIN.
Disepakati, PERGUNU mengirimkan anggotanya untuk menjadi Caleg melalui Partai Hanura.

Salah satu keluarga NU yang dekat sekali dengan OSO adalah, Ibu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Propinsi Jawa Timur saat ini.

Perlu penulis sampaikan, pada bulan Ramadhan 1444 H ini, saat Partai Hanura bikin Acara Buka Puasa bersama di Hotel Sultan Jakarta, dihadiri Wakil Ketua Umum PBNU dan ratusan Kyai se pulau Jawa yang siap menjadi Caleg Partai Hanura pada Pemilu tahun 2024.

Tidak kalah penting, hadir dan bergabungnya beberapa Alumni PMII, seperti Ahmad Muqowan, mantan Anggota DPR RI dari PPP yang saat ini diberi amanah oleh OSO sebagai Ketua BAPPILU DPP Hanura.

Ada juga tokoh penting NU lainnya adalah sdr Imam Anshori Saleh, saat ini bergabung dengan Partai Hanura.

Tentu hubungan OSO dengan tokoh NU bukan saja nama-nama diatas. Masih puluhan tokoh NU lainnya yang hubungannya cukup baik dengan OSO.

Secara umum, OSO punya pergaulan luas dengan berbagai elemen dari semua Ketun ParPol, pengusaha nasional sampai kepada orang NU, Muhammadiah, PERTI, PSII, HMI, PMII, GMNI, GMKI, dll.

Penulis: Waketum Bid Ideologi dan Politik DPP Hanura

Berita Lainnya