Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Melalui Program Bakti TNI di Trenggalek

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Kodim 0806/Trenggalek, sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), menggelar kegiatan Program Bakti Kemandirian Masyarakat dengan fokus pada sosialisasi berternak kambing. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar mandiri secara ekonomi, sejalan dengan tema yang diusung, “TNI AD Mewujudkan Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera Untuk Indonesia Tangguh”, Rabu (15/11/2023).

Aula Makodim 0806/Trenggalek menjadi saksi pelaksanaan kegiatan ini, dihadiri oleh warga masyarakat umum serta petugas dari Dinas Peternakan Trenggalek, diwakili oleh Bapak Sulistyono. Acara ini juga dihadiri oleh Kasdim 0806/Trenggalek, Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H, yang mewakili Dandim 0806/Trenggalek.

Dalam sambutannya, Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H menyampaikan bahwa, Program Bakti Kemandirian Masyarakat adalah salah satu inisiatif TNI untuk turut serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan utama dari program ini adalah memperkuat pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan masyarakat, dengan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah binaan.

“Saat ini, kemandirian masyarakat bukan hanya menjadi harapan, tetapi juga suatu kebutuhan yang harus diwujudkan bersama. TNI AD melalui program ini berkomitmen untuk memperdayakan potensi lokal, seperti berternak kambing, sebagai langkah strategis menuju Indonesia Tangguh,” ungkap Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H.

Sosialisasi berternak kambing dipilih sebagai kegiatan utama, mengingat potensi besar yang dimiliki oleh sektor peternakan dalam memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

Dalam kegiatan ini, para peserta diajak untuk memahami teknik beternak yang baik, manfaatnya, serta potensi pasar yang dapat diakses.

Bapak Sulistyono dari Dinas Peternakan Trenggalek, turut memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai dukungan yang dapat diberikan oleh pihaknya dalam memastikan keberhasilan program ini. Dia menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara pihak militer, pemerintah daerah dan masyarakat dalam mencapai kemandirian yang berkelanjutan.

Kegiatan Program Bakti Kemandirian Masyarakat ini diharapkan bukan hanya menjadi momen singkat, melainkan menjadi tonggak awal bagi masyarakat Trenggalek dalam membangun fondasi kemandirian ekonomi. Dengan sinergi antara TNI AD, pemerintah daerah, dan masyarakat, Indonesia Tangguh bukanlah sekadar slogan, melainkan cita-cita yang dapat diwujudkan melalui aksi nyata. (Red).

Berita Lainnya