Menggelorakan Semangat Patriotisme: Perjuangan Calon Paskibra Panggul, Trenggalek

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Pengalaman patriotisme yang luar biasa dan menginspirasi telah terjadi di Panggul, Trenggalek. Bersamaan dengan peringatan Hari Bakti Negara (PHBN), seleksi calon Paskibra telah diinisiasi oleh Bati Tuud Koramil 0806/11 Panggul, Peltu Suyanto, dengan dukungan penuh dari anggota Koramil lainnya. Tidak hanya itu, kehadiran anggota Polsek Panggul, Brigpol Wahyu, yang turut berkontribusi dengan satu anggotanya, serta dukungan penuh dari Staf Kecamatan Panggul, Bapak Teguh, Rabu (26/7/2023).

Acara yang luar biasa ini diikuti oleh siswa-siswi berbakat dari tiga sekolah yang berbeda di wilayah Kecamatan Panggul, melibatkan SMAN 1 Bodag, MAN 2 Trenggalek, dan SMK PGRI Sutami Panggul. Para peserta yang berdedikasi sebanyak 35 dari SMAN 1 Bodag, 17 dari MAN 2 Trenggalek, dan 2 dari SMK PGRI Sutami Panggul, tampil aktif dan penuh semangat dalam seleksi ini.

Lebih dari sekadar mencari anggota Paskibra terbaik, acara ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air pada generasi muda. Paskibra, sebagai Pasukan Pengibar Bendera, memiliki tanggung jawab penting dalam upacara kenegaraan, dan diharapkan mereka memiliki integritas, disiplin, dan semangat juang yang tinggi.

Para peserta telah menghadapi ujian dalam berbagai aspek, termasuk fisik, kedisiplinan, kemampuan berkomunikasi, serta pengetahuan tentang sejarah dan nilai-nilai kebangsaan. Mereka juga telah menerima pelatihan khusus untuk mengasah kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas mulia ini.

Inisiatif luar biasa ini membuktikan bagaimana aparat keamanan, pendidik, dan masyarakat bersatu dalam mencetak generasi muda yang tangguh dan berdedikasi tinggi untuk negara.

Melalui proses seleksi ini, para peserta tidak hanya menjadi calon anggota Paskibra berkualitas, tetapi juga pemuda-pemudi yang sadar akan pentingnya kontribusi aktif dalam membangun bangsa. (Red).

Berita Lainnya