Menelusuri Sejarah, Dandim 0806/Trenggalek Kunjungi Tempat Peristirahatan Jenderal Sudirman

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Dalam sorotan, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos, M.A, Komandan Dandim 0806/Trenggalek tampak menghidupkan semangat eksplorasinya. Baru-baru ini, perjalanannya membawa kita pada jejak bersejarah, menuju kediaman yang menjadi tempat peristirahatan salah satu pahlawan Indonesia, Jenderal Sudirman. Terletak di RT. 03 RW. 01, Dusun Krajan, Desa Bodag, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, tempat ini bukan hanya sekadar rumah, melainkan tempat di mana sejarah hidup dan bernapas, Kamis (30/11/2023).

Ditemani oleh kehadiran Babinsa Bodag, Sertu Edi Suryono, Dandim 0806/Trenggalek membagikan keajaiban sejarah yang tersemat di setiap jengkal rumah tersebut. Inilah rumah yang pernah menjadi tempat perlindungan bagi sang Pahlawan, milik Bapak Moch. Ngabdi, seorang guru ngaji yang dihormati dan sosok masyarakat yang dikagumi. Di masa perang gerilya, Jenderal Sudirman menemukan ketenangan dan kekuatan di ruang-ruang rumah ini. Dan hari ini, benda-benda yang menjadi saksi bisu sejarah, seperti sajadah yang merangkul doa-doanya, sorban yang melindunginya, mangkuk upacara yang menyaksikan keberanian, hingga tempat tidur tempat ia merenung, tetap dijaga dengan penuh hormat dan cinta.

Sertu Edi Suryono dengan penuh semangat menyoroti betapa strategisnya tempat peristirahatan ini. Lingkupnya yang terbungkus oleh pegunungan dan hutan lebat, menjadi tempat persembunyian yang diidamkan di masa perang. Kawasan ini, duduk di perbatasan antara Trenggalek dan Pacitan, adalah panggung epik komunikasi dan pergerakan pahlawan kita. Dan tak ketinggalan, keberadaan sumber air yang dekat, menjadi sekutu tak ternilai dalam perjuangan melawan kekeringan dan kelangkaan.

Kunjungan ini, bukan hanya sekadar mencatatkan catatan sejarah, tetapi sebuah panggilan emosional kepada kita semua. Dandim 0806/Trenggalek, melalui langkah-langkahnya yang penuh rasa hormat, menghidupkan kembali semangat dan perjuangan para pahlawan. Jenderal Sudirman dan tempat peristirahatannya, bukan hanya sebuah titik dalam sejarah, melainkan kepingan-kepingan kenangan yang menggugah dan menginspirasi kita untuk terus menyuarakan semangat kebebasan dan keadilan. (Red).

Berita Lainnya