Masa Lalu Prabowo Subianto

Opini703 views

Oleh:  Prof O.C Kaligis

Jakarta – koranprogresif.co.id –

1. Saya memberi judul di atas, karena ketika elektabilitas Prabowo Subianto berada di puncak, satu-satunya senjata untuk membully Prabowo adalah masa lalunya yang dituduhkan terus menerus sebagai pelanggar Hak Asasi Manusia (HAM) kelas wahid.
2. Dari semua pembawa fitnah tak seorang saksi fakta pun di Peradilan HAM Indonesia yang melaporkan Prabowo sebagai pelaku pelanggaran HAM berat.
3. Mengapa saya berkata demikian?.
4. Saya adalah pelopor pembela kasus HAM pertama saat lahirnya UU HAM, dalam kasus HAM Abilio Soares eks Gubernur Timor Timur. Silahkan baca UU HAM Nomor:39/1999 jo. UU Nomor:26/2000 tentang Peradilan
5. Beliau bebas melalui Putusan PK, dan saat itu saya menjemput beliau dari penjara.
6. Ketika Kapten Pilot Garuda Indonesia, Said terlibat kasus pidana di Amsterdam, Belanda, dan ketika perlakuan penjara Amsterdam melakukan pelanggaran HAM, saya memperjuangkan hak Kapten Said di Peradilan HAM Uni Eropa di Strasbourg.
7. Akhirnya Kapten Said dibebaskan.
8. Hal yang sama saya lakukan di Komisi HAM Internasional Jenewa Swiss dalam upaya saya membela Pak Harto yang menurut saya beliau tidak layak diadili karena sakit.
9. Saat itu saya didampingi oleh Prof. Indriyanto Seno Adji dan Juan Felix Tampubolon sebagai teman sejawat. Mereka adalah saksi mata perjuangan saya di bidang HAM International.
10. Akhirnya melalui perjuangan saya, Mahkamah Agung mengeluarkan penetapan pembatalan pemeriksaan terhadap Pak Harto, sampai beliau sembuh.
11. Mungkin semua orang di era Pak Harto membaca bagaimana berita majalah Times memfitnah Pak Harto sebagai negarawan yang korup.
12. Dalam acara pembuktian perkara perdata Soeharto melawan Times, media Amerika Serikat itu gagal memberi bukti korupsi Pak Harto.
13. Bahkan Jaksa Agung, Andi Ghalib dan Menteri Hukum dan HAM, Prof. Muladi diberi kuasa terbuka oleh Presiden Soeharto untuk ke Bank Swiss atau bank manapun di luar negeri mengecek harta kekayaan Soeharto.
14. Mereka pulang tanpa hasil, karena Presiden Soeharto tidak punya uang satu senpun di bank-bank luar negeri.
15. Keterangan Pers saya dimuat di Majalah Times satu halaman penuh sebagai hak jawab saya mewakili Presiden Soeharto selaku salah seorang Penasihat hukum beliau.
16. Di tahun politik ini, saat Prabowo-Gibran berada di puncak klasemen calon presiden terpilih, satu-satunya jualan politik yang dapat disebarluaskan adalah fitnahan terhadap Prabowo.
17. Melalui media Indonesia dan asing, sekelompok kecil mahasiswa, lawan-lawan politik Prabowo, mereka kembali menyebar fitnah pelanggaran HAM Prabowo, tanpa mereka sendiri berani muncul sebagai saksi fakta.
18. Di saat tak seorang penyidik pelanggar HAM gagal memeriksa Prabowo, satu- satunya brain washing (cuci otak) yang dapat dilakukan adalah menggiring opini masyarakat untuk tidak memilih Prabowo sebagai calon presiden.
19. Begitu bencinya Wagub Sulawesi Utara terhadap Prabowo, sampai-sampai beliau difitnah, katanya ibunya bukan asal Langowan asli.
20. Sebagai sesama pemain bridge saya kenal pribadi ibu Dora Marie Sigar yang juga dikenal sebagai ibu Soemitro Djojohadikoesoemo.
21. Saat itu saya Ketua Bridge Maesa DKI, beliau adalah pimpinan GABSI (Gabungan Bridge Seluruh Indonesia). Sampai-sampai pernah diadakan turnamen bridge Dora Sumitro.
22. Hal yang sama dilakukan terhadap Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo .
23. Di Philipina anak Presiden Ferdinand Marcos, Marcos Jr. dilantik jadi Presiden.
24. Juga anak Presiden ke-6 USA John Quincy Adams (1825-1829), dan anak Presiden ke-43, George W. Bush (2001-2009) berhasil melalui perjuangannya, berhasil dipilih rakyat Amerika Serikat.
25. Gabriel Attal, umur 34 tahun yang terpilih pada tanggal 9 Januari 2024 adalah Perdana Menteri Prancis termuda.
26. Bahkan, cikal bakal lahirnya Kemerdekaan Indonesia dilakukan melalui perjuangan anak muda.
27. Silahkan melihat kembali sejarah lahirnya Sumpah Pemuda melalui perjuangan anak muda usia dua puluh. Ada Jong Sumatera, Celebes, Java, dan seterusnya.
28. Bahkan, pencipta lagu “Indonesia Raya” adalah seorang anak muda berusia 21 tahun, Wage Rudolf Soepratman.
29. Pledooi Soekarno “Indonesia Menggugat” dibuat Soekarno dalam usia 29 tahun. Lalu, mengapa iri ke Gibran yang tingkat elektibilitasnya tinggi?.
30. Artinya mayoritas pemilih berada di tangan mereka.
31. Saya juga mendengar tekad Anies Baswedan memberantas korupsi.
32. Mungkin tidak banyak yang memperhatikan bahwa salah seorang tim sukses Anies Baswedan adalah Bambang Widjojanto, yang pernah perkara dugaan pidananya telah ditetapkan lengkap, namun urung diadili karena deponeering.
33. Bahkan, Bambang Widjojanto adalah “anak emas” Anies Baswedan saat Anies jadi Gubernur DKI Jakarta.
34. Beliau diangkat sebagai Ketua Bidang Hukum TGUPP (Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan), yang gagal memberi rumah DP 0 persen ke rakyat DKI. Sesuai janji kampanye Anies Baswedan.
35. Sebagai eks pimpinan KPK Bambang Widjojanto, yang mestinya diadili karena perkaranya yang telah P.21, semua bocoran kasus dugaan korupsi di KPK diduga dapat diakses Anies Baswedan termasuk penyelidikan sangkaan korupsi Formula E, yang beritanya tenggelam begitu saja.
36. Tulisan ini sekadar mengingatkan para calon presiden untuk sedikit memperhatikan kata-kata sopan dalam berkampanye.

Paris, Kamis, 18 Januari 2024

*O.C Kaligis adalah Praktisi Hukum Senior, Akademisi dan Pengamat

Berita Lainnya