Ludes Terbakar, Danramil 13/Karangawen Dampingi Bupati Demak Tinjau Lokasi Pasar Brambang

Demak – koranprogresif.co.id – Danramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Ahmad Safii bersama Forkopincam Karangawen mendampingi Bupati Demak, dr. Esti’anah meninjau lokasi Pasar Brambang, Kecamatan Karangawen yang ludes terbakar, Kamis (20/01/2022).

Diketahui, pada Kamis (20/01) dini hari sekitar pukul 00.20 WIB, ratusan los dan kios di Pasar Brambang terbakar. Kebakaran tersebut diduga akibat adanya korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materi ditaksir hampir Rp 2 miliar.

Dalam peninjauannya, Bupati Demak melihat secara langsung dampak kebakaran yang terjadi. Bupati juga menyempatkan diri bercengkerama dengan para pedagang yang sedang menginventarisir barang dagangannya yang masih tersisa di sela puing-puing bangunan.

“Saya sempat melihat rekaman video kebakaran. Kobaran api memang sangat dasyat,” ungkap Bupati yang juga seorang dokter tersebut.

Melihat dampak yang luar biasa akibat kebakaran, Bupati berencana akan segera segera membangun kembali Pasar Brambang dan merelokasi para pedagang untuk sementara waktu.

Bupati juga meminta Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak beserta UPD, untuk segera melakukan pendataan dan menyiapkan tempat relokasi pedagang yang terdampak akibat kebarakan.

“Kita akan segera siapkan tempat relokasi. Yang terpenting para pedagang bisa berjualan kembali,” sambungnya.

Sementara Danramil Kapten Inf Ahmad Safii saat ditanya tentang kronologis kebakaran menjelaskan bahwa, kobaran api berasal dari korsleting arus listrik di pasar bagian depan, dan dengan cepat menjalar ke kios dan los pasar belakang. Api dengan cepat membesar di dua blok yang terdiri dari 229 kios dan seluruh lapak ludes dilahap api.

“Ada 6 truk pemadam yang dikerahkan dari Demak, Kota Semarang dan Kabupaten Grobogan. Saking besarnya kobaran api, pemadaman api memakan waktu hampir 5 jam lebih,” jelas Danramil.

Hadir juga dalam peninjauan, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Drs. Iskandar Zulkarnain, M.M., Kapolsek Karangawen, Kompol Ujang Listyono, Camat Karangawen Yulianto, S.E, Lurah Desa Brambang dan Petugas Pasar Brambang. (Red/Pendim 0716).

Berita Lainnya