Launching Percepatan Implementasi Desa B2SA Resmi Dibuka Sekda Kapuas

Kalteng – koranprogresif.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Drs. Septedy M.Si membuka acara launching kegiatan percepatan implementasi Desa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kabupaten Kapuas tahun 2023, bertempat di Desa Bakungin Kecamatan Kapuas Hilir, Kamis (30/11/2023) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Riza Rahmadi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie, S.T., M.Si dan Camat Kapuas Hilir, Hj. Mahrita.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengatakan, dari fisiologis manusia untuk dapat hidup aktif, sehat dan produktif memerlukan lebih dari 40 jenis zat gizi yang terdapat pada berbagai jenis makanan. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa tidak satupun jenis pangan yang lengkap gizinya kecuali ASI.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kajian para pakar gizi menyatakan bahwa, mayoritas masyarakat Indonesia baik di perkotaan atau pedesaan pada berbagai golongan hanya memiliki satu pola pangan pokok yaitu beras dan mie.

Terkait hal itulah, Septedy berharap dapat meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup serta mendorong peningkatan konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, umbi-umbian dan mengurangi porsi beras sebagai sumber karbohidrat.

“Saya juga berharap dengan adanya hal ini dapat membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk kebutuhan sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah atau pekarangan yang ada,” ucap Septedy.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie mengatakan pengertian dari Desa B2SA adalah beragam, bergizi seimbang dan aman serta untuk dapat menjadi Desa B2SA harus memiliki tim PKK dan Bumdes aktif serta Kepala Desa yang memiliki komitmen untuk menggunakan dana desa dalam penangan desa B2SA.

“Harapan saya kegiatan B2SA ini dapat berkelanjutan sampai dengan tahun-tahun selanjutnya sehingga Kabupaten Kapuas adalah Kabupaten yang mandiri, aktif, sejahtera, sehat dan yang pasti tidak ada lagi yang stunting,” pungkas Kusmiatie. (Tt Progresif.)

Berita Lainnya