Lantik Pj. Bupati Kerinci, Gubernur Al Haris Tegaskan Tugas Kawal Pemilu Serentak Tahun 2024

Jambi – koranprogresif.co.id – Gubernur Jambi, Dr. Al Haris, S.Sos, MH melantik Asraf sebagai Penjabat Bupati Kerinci, Asraf sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan pelantikan Pj. Ketua TP-PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kerinci oleh Ketua TP-PKK dan Dekranasda Provinsi Jambi, Hj. Hesnidar Haris.

Pelantikan yang dilaksanakan pada Sabtu (04/11/2023) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur tersebut turut pula dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, H. Abdullah Sani, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman, SH, MH, Bupati Kerinci Masa Jabatan 2019-2023, Dr. H. Adirozal, M.Si, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, beberapa para Kepala OPD dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Al Haris memberikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Masa Jabatan 2019-2023 yang telah menunaikan masa bakti. ”Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku, hari ini kita melaksanakan pelantikan Penjabat Bupati Kerinci. Saya yakin bahwa Saudara Penjabat Bupati sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya. Saya berharap agar Saudara bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk merealisasikan program pembangunan yang telah direncanakan, demi meningkatkan kemajuan daerah dan kualitas pelayanan publik, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Al Haris juga menegaskan kepada Penjabat Bupati diminta untuk melaksanakan dan memastikan kesinambungan pembangunan. Dan dalam pelaksanaan program pembangunan, sinergi pemerintahan harus terus dijaga, yakni sinergi pembangunan kabupaten dengan provinsi dan nasional. Dan, sinergi lintas sektor dengan Forkopimda, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, serta semua stakeholder (pemangku kepentingan), juga harus dijaga dengan baik, bahkan terus ditingkatkan.

“Selanjutnya, saya menyampaikan beberapa pesan kepada saudara Penjabat Bupati Kerinci sebagai berikut, pertama, mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, termasuk dari sisi penganggaran APBD untuk pelaksanaan Pilkada, sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan oleh Pemerintah serta menciptakan dan menjaga kondisi yang aman dan rukun dalam kehidupan masyarakat juga merupakan hal yang tak kalah penting dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Monitor dan pastikan semua tahapan berlangsung lancar dan aman,” kata Gubernur Al Haris.

“Hal kedua, yaitu melaksanakan dan menyelesaikan program pembangunan Kabupaten Kerinci, yakni sisa tahun anggaran 2023 dan pekerjaan tahun anggaran 2024. Ketiga, bersinergi dan berkolaborasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), terus mengendalikan inflasi, terutama inflasi pangan. Perubahan iklim global yang berdampak besar terhadap produktivitas dan kecukupan pangan rentan memicu inflasi. Pengendalian inflasi harus dilakukan secara intens dan konsisten,” sambung Gubernur Al Haris.

“Keempat, bersinergi dengan semua stakeholder (pemangku kepentingan) dan seluruh pihak terkait untuk menurunkan stunting (pertumbuhan kerdil pada balita). Berdasarkan hasil SSGI (Survei Status Gizi Indonesia) Tahun 2022, Provinsi Jambi mengalami penurunan stunting 4,4% dari tahun 2021, yaitu dari 22,4 % tahun 2021 menjadi 18 % tahun 2022. Kita harus kerja keras mencapai target yang ditetapkan kepada Provinsi Jambi, yaitu prevalensi stunting 12% pada tahun 2024,” pungkas Gubernur Al Haris. (SOFYAN).

Berita Lainnya