Lanal Dabo Singkep Kolaborasi Dengan KRI Beladau-643 Distribusikan Logistik Pemilu Tahun 2024 Ke Pulau Pekajang

Mitra TNI81 views

Dabo Singkep – koranprogresif.co.id, Pengangkutan logistik Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Lingga dimulai dari gudang penyimpanan KPU menuju Dermaga Penarik. Logistik-logistik pemilu ini kemudian diangkut menggunakan kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Tanjung Buku Lanal Dabo Singkep menuju ke KRI Beladau-643 yang sandar di Dermaga Jagoh, Senin (12/02/2024).

KRI Beladau-643 yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Romy Sitorus, S.E., selanjutnya akan membawa logistik pemilu tersebut menuju Pulau Pekajang. Dalam pelaksanaan pendistribusian ke Pulau Pekajang, personel yang turut serta on board di KRI Beladau-643 antara lain personel dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Polres Lingga dan Personel Koramil 05/Daek.

Komandan Pangkaan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan M.A., M.Tr.Opsla., disela-sela kegiatan menyampaikan, “Lanal Dabo Singkep siap mendukung pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 ke pulau-pulau terpencil yang ada di Kabupaten Lingga. Kita telah menyiapkan satu unit kapal Patkamla Tanjung Buku serta 1 (satu) unit Sea Rider. Alutsista yang kita siapkan guna menyukseskan pelaksanaan pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024.

Lebih lanjut, Danlanal DBS mengatakan, “Lanal Dabo Singkep pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 akan tetap berkomitmen untuk bersikap netral, sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Jernih Millyati Siregar selaku Divisi Sosdiklih dan Parmas selaku Wakil Kordinator Wilayah Kabupaten Lingga menyampaikan, “Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Dabo Singkep dan KRI Beladau-943 atas atensi dan dukungan penuh dalam rangka distribusi logistik pemilu tahun 2024 untuk wilayah terluar Kabupaten Lingga yang telah dilaksanakan menggunakan KRI-Beladau 643, pada Senin 12 Februari 2024 dari Pelabuhan Jagoh Dabo Singkep menuju Desa Pekajang, yang akan di tempuh kurang lebih 7 jam perjalanan,” jelasnya.

Ibu Jernih Siregar menegaskan, “Hal ini dilakukan mengingat Desa Pekajang merupakan wilayah terluar dan terjauh di Kabupaten Lingga dan cuaca cukup extrim dan gelombang tinggi di wilayah Perairan Lingga karena menurut informasi dari BMKG Lingga merupakan Zona Kuning,” tegasnya.

Ibu Jernih Siregar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bawaslu dan stakeholder Kabupaten Lingga atas kerjasamanya dalam mensukseskan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Lingga. Dan harapanya pemilu tahun 2024 berjalan lancar aman dan damai.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lingga Ardhi Auliya beserta jajaran menyampaikan, “Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut, khsususnya Kepada Danlanal DBS beserta jajaran yang telah mensuport penuh pendistribusian logistik ke Pulau Pekajang yang merupakan wilayah terluar Kabupaten Lingga. Hari ini kami telah berhasil mengirimkan logistik 10 kotak suara beserta kelengkapan pendukungnya untuk 2 TPS di Desa paling selatan Kepri ini dengan bantuan KRI Beladau-943. Kondisi cuaca exstrim di bulan Februari ini sangat membutuhkan dukungan armada KRI milik TNI AL untuk mengangkut logistik tersebut,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Lingga Fidya Asrina, S.I.P., mengatakan, “Pengalaman saya ini sangat luar biasa bisa melaksanakan pengawasan pendistribusian logistik ke Pekajang sebanyak 10 kotak suara untuk DPT 345 surat suara . Perjalanan kali ini tidak seperti pendistribusian sebelumnya, saya kira sangat istimewa karena melibatkan rekan-rekan dari Angkatan Laut dengan Armada KRI Beladau-643 untuk pengantaran logistik ke Pulau Pekajang. Apresiasi Bawaslu Lingga kepada seluruh jajaran TNI AL dan Lanal Dabo Singkep beserta Crew KRI Beladau dan Patkamla Tanjung Buku atas dedikasinya demi terselengaranya Pemilu di Kabupaten Lingga. Salam hormat dari kami Bawaslu Lingga,” pungkasnya.

(Red)

Berita Lainnya