Lanal Cirebon Sabet Peringkat Kedua Lanal Teladan 2023 di Puncak HUT TNI AL ke-78

Kota Cirebon – koranprogresif.co.id – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon mendapatkan sesuatu yang luar biasa pada puncak HUT TNI AL ke-78. Yakni terpilihnya sebagai peringkat kedua Pangkalan TNI Angkatan Laut Teladan Indonesia Tahun 2023.

Terpilihnya peringkat kedua ditandai dengan penyerahan piagam dan bendera Lanal Teladan pada acara puncak HUT TNI AL ke-78 Tahun 2023 yang dilaksanakan terpusat di Dermaga Madura Ujung Koarmada II Surabaya, Senin (11/09/2023).

“Penghargaan yang diberikan Pimpinan kepada Lanal Cirebon ini merupakan bentuk apresiasi Pimpinan tertinggi TNI AL kepada Prajurit di Lanal Cirebon, yang secara optimal telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab terhadap organisasi dengan baik,” ungkap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Sementara itu, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., D.W.C., M.Sos., CRMP., CTMP., mengungkapkan, pihaknya dengan penuh rasa bangga menerima anugerah penghargaan yang tinggi dari Pimpinan TNI AL di hari Ulang Tahun TNI AL ke-78 ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS Lanal Cirebon atas kerja keras, kedisiplinan dan segala perjuangan serta loyalitas terhadap institusi TNI AL sehingga Lanal Cirebon terpilih menjadi Lanal Teladan,” ungkap Danlanal dalam keterangannya, Selasa (12/9/23).

Danlanal menambahkan, Raihan Lanal Teladan sebagai motivasi bagi seluruh jajaran Lanal Cirebon untuk memberikan yang terbaik kepada TNI AL

“Semoga ke depan Lanal Cirebon bisa memberikan yang terbaik untuk TNI Angkatan Laut,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon menggelar Latihan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat 1 dan Tingkat 2 (P1-P2) Tahun 2023, Senin (17/7/2023).

Latihan tersebut dilakukan guna mengukur tingkat kemampuan dan kehandalan prajurit Lanal Cirebon dalam mempertahankan markas dari serangan musuh.

Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ridwansyah mengatakan, latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan dan profesionalisme kemampuan personel Lanal Cirebon baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menanggulangi dan menghadapi segala bentuk persoalan baik sifatnya ancaman militer maupun non militer.

“Adapun yang diujikan pada kegiatan Glagaspur adalah Penaikan Bendera, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Uji Tulis, Pengecekan Software, PDD Khas, Jajar Kehormatan (Valreef), Upacara Pemakaman, Kebaharian, Komunikasi, Bongkar Pasang Senjata, Pasukan Huru Hara (PHH), Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PEK), Evakuasi Medis, Menembak, dan Renang Militer.

Latihan tersebut, sambung Danlanal, dalam rangka penilaian Lanal Teladan se-Indonesia.

“Alhamdulillah, Lanal Cirebon menjadi finalis dalam pemilihan Lanal teladan TNI AL 2023. Jadi intinya, selama dua hari ini Lanal Cirebon akan dinilai oleh Tim dari Mabesal dan kemudian dibuat skor penilaian untuk dilaporkan ke pimpinan,”ujarnya.

Berita Lainnya