Kurangi Resiko Jebol, Bersama Warga Puluhan Anggota Kodim Tulungagung Pertebal Tanggul Sungai

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Anggota Kodim 0807/Tulungagung bersama anggota Polsek Bandung dan anggota Kecamatan Bandung serta warga desa Sukoharjo melaksanakan kegiatan kerja bakti mempertebal tanggul sungai jalur Niama di Desa Sukoharjo, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (12/12/2022).

Hal ini merupakan upaya lanjutan yang dilakukan oleh Tiga Pilar bersama warga masyarakat terkait menipisnya tanggul sungai. Babinsa Sukoharjo, Serma Ikhsanudin menyebutkan, kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul sungai jalur Niama tersebut dilakukan karena tanggul sungai yang awalnya memiliki ketebalan 5 meter terkikis hingga tinggal 1 meter akibat debet air sungai yang tinggi karena intensitas hujan yang tinggi.

Awal kerja bakti telah dilakukan sejak tanggal 07 Desember yang lalu terkait rawannya tanggul sungai yang sudah tipis. Hal ini dikhawatirkan jika tanggul jebol dapat berdampak kepada kurang lebih 400 warga karena tanggul lebih tinggi dari pemukiman warga.

“Hal ini upaya lanjutan demi mengembalikan ketebalan tanggul agar tidak mudah jebol,” ungkap Serma Ikhsanudin.

Kebersamaan TNI bersama warga terlihat saat mengisi karung dengan pasir dan menatanya di pinggiran sungai. Karung-karung pasir ditata rapi sesuai kerusakan tanggul selebar 5 meter. Kerja bakti ini merupakan penanganan darurat tanggul sungai sebagai antisipasi agar kerusakan tanggul tidak meluas.

Selain itu, kerja bakti bersama warga merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat. (Red).

Berita Lainnya