KUA Kecamatan Selat, Sosialisasi Moderasi Beragama di Desa Pulau Telo Lama

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Pelaksanaan Sosialisasi Moderasi Beragama (KMB) oleh Tim KMB dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, bertempat di aula Desa Pulau Telo, Jalan Durian Kuala Kapuas, Selasa (18/7/2023).

Acara yang dibuka dan dipandu langsung oleh Kepala Desa, Muhamad Iwu Iyansyah, S.I.kom, turut hadir dalam kegiatan ini unsur Muspika Kecamatan Selat, Damang Selat, Ketua BPD Pulau Telo, Ketua Tokoh organisasi Keagamaan setempat, para pemuka agama dan warga Desa Pulau Telo.

Dipilihnya Desa Pulau Telo dalam kegiatan ini, kerena menurut data keberagaman umat beragama sangat plural dan selama ini kerukunan dan toleransi antar warga masyarakatnya sangat tinggi.

Desa Pulau Telo sebagai salah satu Desa yang menjadi tujuan TIM KMB, karena memenuhi kreteria Sosialisasi KMB.

Dari 6 Kecamatan di Kabupaten Kapuas yang menjadi sasaran KMB nantinya akan diseleksi dan akan terpilih 2 Desa yang akan dijadikan percontohan Desa Moderasi.

Dalam keterangannya, Ketua BPD Desa Pulau Telo saat memberikan keterangan pada media ini, keberagaman umat beragama di Desa Pulau Telo ini sudah tumbuh sejak lama dan keberagaman agama yang dianut oleh warga disini Islam, Kristen, Hindu Kaharingan dan Budha, terangnya.

Selanjutnya, penanda tanganan pernyataan dukungan Desa Pulau Telo sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas oleh seluruh unsur terkait dalam sosialsasi sebagai bentuk kebersamaan antara penyelenggara pemerintahan, unsur keamanan dan antar pemeluk agama di Desa Pulau Telo.

Sebagai Bentuk toleransi antar pemeluk agama, dapat kita lihat dalam kegiatan gotong-royong warga pulau telo di kegiatan membersihkan lingkungan rumah ibadah yang ada. (Tatang Progresif).

 

Berita Lainnya